Perbedaan Batu Blue Safir Asli Dan Palsu

By

Perbedaan Batu Blue Safir Asli Dan Palsu

Keindahan pada batu Blue Safir (sapphire) memang membuat para pecinta batu terpesona, sehingga batu Blue safir menjadi buruan bagi para pecinta batu. Dikarenakan pasaran yang meningkat, maka banyak laboratorium dan pabrikan membuat batu Blue Safir imitasi atau sintetis. 

Untuk batu blue safir sintetis akan sulit dibedakan dengan batu blue safir asli. Ini dikarenakan pabrik atau laboratorium memproduksi Blue Safir sintetis semirip mungkin dengan Blue Safir asli, baik dari warna, berat, bahkan tingkat kekerasannya. Oleh karena itu membedakan batu blue safir yang asli dan palsu akan lebih sulit dibandingkan membedakan keaslian pada batu lainnya.

Perbedaan Batu Blue Safir Asli Dan Palsu
Pada dasarnya sebuah batu alam termasuk batu blue safir memiliki inklusi atau serat didalamnya. Namun dikarenakan inklusi didalam batu blue safir sangatlah kecil maka akan sulit di lihat mata telanjang. Demikian pula pada batu blue safir tiruan atau sintetis yang juga mempunyai inklusi atau pun gelembung gas. Oleh karena itu akan sangat sulit bagi kita untuk membedakan antara keduanya.

Bagi kita yang ingin melihat keaslian batu blue safir, anda bisa menggunakan kaca pembesar atau lup dengan tingkat pembesaran 10x  sampai 20x dari ukuran semula. Biasanya guratan putih atau serat pada batu blue safir akan terlihat dengan menggunakan lup ukuran 20x pembesaran, sedangkan batu blue safir sintetis akan terlihat dengan lup pembesar 10x. Jadi intinya guratan atau serat pada blue safir asli lebih kecil dibandingkan dengan batu blue safir palsu. 

Oleh karena itu anda harus sangat hati-hati jika mau membeli batu blue safir. Jangan mudah percaya bahwa batu blue safir yang ditawarkan atau yang akan anda beli adalah asli. Ada baiknya apabila ingin membeli batu blue safir, pastikan bahwa batu tersebut bermemo dan bersertifikat dari laboratorium geomologi. Mengingat sekarang ini batu blue safir sintetis sangat menyerupai batu aslinya. Ini dibuktikan beberapa kasus, dimana batu sintetis  beberapa kali gagal di identifikasi oleh beberapa laboratorium geomologi, sebagai batu blue safir sintesis.

Baca juga : Cara membedakan batu akik asli dan palsu
                    Perbedaan batu akik dan batu mulia
                    Ciri-ciri bahan batu bacan yang berkualitas baik
                    Batu Tourmaline dari Srilanka

Itulah ulasan mengenai perbedaan batu Blue Safir asli dan palsu, semoga artikel ini bisa menambah wawasan tentang batu buat anda semua.

0 komentar:

Post a Comment