Batu akik tapak jalak dan mitosnya

By

Batu akik tapak jalak dan mitosnya

Batu akik tapak jalak termasuk jenis batu akik yang banyak dimintai oleh para kolektor batu akik. Selain keunikan yang terdapat pada batu ini, konon katanya batu akik tapak jalak juga dipercaya sebagai batu akik yang mempunyai energi supranatural. Maka tak heran jika batu akik tapak jalak menjadi salah satu batu akik yang banyak di buru oleh kalangan pecinta batu di Indonesia.

Keunikan pada batu akik tapak jalak terdapat pada corak yang berbentuk garis melintang seperti tanda plus atau tanda tambah, juga ada yang berupa garis melintang menyerupai salib. Garis melintang inilah yang menjadikan batu akik ini dinamakan batu tapak jalak, yang artinya adalah telapak burung jalak. Di karenakan tanda atau garis yang terdapat pada batu ini menyerupai telapak burung jalak.

Batu akik tapak jalak dan mitosnya

Batu akik tapak jalak yang asli adalah batu yang tidak tembus cahaya di setiap badan batu, namun ada juga yang tembus cahaya di bagian garis melintangnya saja. Adapun batu chalsedony yang mempunyai motif seperti tapak jalak bukanlah batu akik tapak jalak, melainkan batu agate atau batu gambar. Batu akik tapak jalak ini digolongkan sebagai batu jenis jasper yang mempunyai tingkat kekerasan 6 hingga 7 pada skal mohs. Sedangkan warna dasar batu tapak jalak ini bermacam-macam, dari warna hitam, warna merah, warna coklat, dsb. Demikian juga warna garis lintang atau tapakk jalak sendiri bermacam-macam warnanya. Akan tetapi warna yang bagus pada batu ini adalah kombinasi warna yang kontras antara warna dasar dan juga warna pada garis lintangnya, misalnya warna dasar batu hitam, sedangkan warna garis lintang putih.

Mitos pada batu akik tapak jalak sendiri sudah dikenal dari jaman kerajaan, yang fungsinya untuk kewibawaan, kekuatan dan juga menjaga keharmonisan dalam rumah tangga. Akan tetapi batu akik tapak jalak ini mempunyai aura panas, sehingga para pengguna batu ini akan cepat tersulut emosinya, atau temprament. Namun untuk mendapatkan batu ini tentunya tidak sembarang orang bisa mendapatkanya. Pada jaman dahulu, seseorang yang ingin mendapatkan batu ini diharuskan menjalani ritual atau tirakat. Namun untuk jaman sekarang, apabila menginginkan batu akik tapak jalak sesuai dengan fungsinya, haruslah di isi  dengan khodam oleh paranormal. Sehingga untuk sekarang ini sangatlah jarang orang yang memiliki batu akik tapak jalak yang asli.

Untuk harga batu akik tapak jalak yang asli bisa mencapai puluhan juta rupiah, tergantung dari fungsi batu tersebut. Tapi untuk batu tapak jalak isian, atau yang telah disi kodam dari ahli supranatural, harga yang dipatok antara ratusan ribu rupiah, hingga jutaan rupiah.

Itulah sekelumit ulasan mengenai batu akik tapak jalak dan mitosnya, adapun benar dan tidaknya mitos tersebut, kita serahkan kepada para pembaca sekalian. Tapi sebagai penggemar batu sejati, tidaklah bijak apabila melihat batu dari sisi mitosnya saja. Karena pada dasarnya, batu adalah anugerah yang Tuhan ciptakan sebagi tanda kebesaran-Nya, untuk dinikmati keindahannya, bukan dinilai dari fungsinya, apalagi mempercayai kekuatan pada batu tersebut.

Baca juga : Batu akik mustika merah delima
                   Macam dan jenis batu akik yang paling diminati
                   Mengenal varian batu jenis opal dan black opal
                   Kisah mistis batu Kalimaya

Semoga apa yang saya tulis dalam artikel batu akik tapak jalak dan mitosnya ini, bisa menambah wawasan anda mengenai batuan asli Indonesia. Tanpa kita sadari bahwa begitu banyak kekayaan alam yang terdapat pada bumi pertiwi kita, khususnya batu akik dan batu mulia.

0 komentar:

Post a Comment