Macam Dan Jenis Batu Akik Yang Paling Banyak Diminati

By

Macam Dan Jenis Batu Akik Yang Paling Banyak Diminati

Batu akik saat ini memang sedang menjadi trend di kalangan masyarakat kita. Dari usia muda sampai tua, baik laki-laki maupun perempuan banyak yang mengoleksi batu akik. Beracam-macam batu akik dari segala jenis sekarang menjadi buruan para pecinta batu akik. Walaupun harga dari batu akik itu sendiri tidaklah murah, namun tidak menyurutkan minat penggemar batu untuk berlomba-lomba mengkoleksi batu akik dari berbagai macam daerah.

Bagi anda yang ingin mengoleksi macam-macam batu akik, ada baiknya anda mengetahui batu apa saja yang saat ini banyak dicari dan dikoleksi oleh kolektor batu akik. Berikut ini akan saya berikan ulasan berbagai macam batu yang saat ini menjadi primadona dan paling diminati oleh para pecinta batu akik.

Batu Bacan

Macam Dan Jenis Batu Akik Yang Paling Banyak Diminati
Agaknya batu yang berasal dari Maluku Utara ini sampai saat ini masih menjadi primadona bagi para pecinta batu akik. Batu dengan kekerasan 7,5 pada skala mohs, dengan kandungan mineral Crysocolla quart membuat batu ini menjadi buruan para kolektor, baik batu Bacan Doko dan juga batu Bacan Palamea. Bahkan sebagian dari para kolektor batu Bacan menjadikan batu ini tak hanya sebagai batu koleksi, tetapi juga sebagai investasi, dikarenakan harga batu ini yang tergolong mahal.

Batu Jenis Chalcedony

Macam Dan Jenis Batu Akik Yang Paling Banyak DiminatiBatu jenis chalcedony atau Kalsedon menjadi batu yang diminati oleh para kolektor batu. Keindahan pada batu jenis kalsedon menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemiliknya. Untuk batu jenis Chalcedony sendiri di Indonesia banyak ditambang di beberapa daerah, seperti Pulau Obi Maluku yang terkenal dengan King Obi-nya, kemudian Pacitan yang terkenal dengan anggur Pacitan, ada Baturaja, yang terkenal dengan Batu Biru Langit-nya, dan juga masih banyak lagi batu jenis ini yang dihasilkan dari beberapa daerah di Indonesia.


Batu Black Opal dan Batu Kalimaya Banten


Macam Dan Jenis Batu Akik Yang Paling Banyak Diminati
Walaupun batu jenis Opal ini tergolong jenis batu yang lunak, namun tidak menyurutkan para penggemar batu untuk mengkoleksi batu Black opal dan batu Kalimaya Banten. Keindahan yang terdapat pada batu jenis Opal yang satu ini, telah membuat para pecinta batu terpesona dengan fenomena kembang warna yang terdapat pada batu ini. Bukan hanya di dalam negeri saja, namun batu ini juga sangat diminati oleh pecinta batu mancanegara.

Batu Blue Safir (Sapphire)


Macam Dan Jenis Batu Akik Yang Paling Banyak DiminatiBatu yang digolongkan dengan batu mulia dengan kekerasan mencapai 9 pada skala mohs ini juga sangat diminati oleh kalangan pecinta batu. Batu ini banyak didatangkan dari luar negeri. Untuk jenis batu safir sendiri banyak jenisnya, namun para pecinta batu lebih banyak memburu jenis blue Safir. Batu blue safir ini banyak berasal dari Birma, Srilanka, Madagaskar,Khasmir, dan juga beberapa negara lain.



Indocrase


Macam Dan Jenis Batu Akik Yang Paling Banyak DiminatiBatu jenis Indocrase adalah batu yang paling banyak diminati selanjutnya. Jenis yang paling diburu adalah Batu Sungai Dareh dan juga Lumut Aceh, yang mana keduanya masuk dalam keluarga jenis Indocrase. Semenjak Presiden SBY dikabarkan memberikan hadiah berupa batu cincin kepada Barack Obama, ketenaran batu ini semakin melejit. Batu Sungai Dareh dan Lumut Aceh ini sekilas memiliki kemiripan pada tekstur dan juga mineral yang terkandung didalam kedua batu tersebut.

Batu Zambrud

Macam Dan Jenis Batu Akik Yang Paling Banyak DiminatiBatu ini memiliki kekerasan hingga 7,5 pada skala mohs dengan warna kehijauan. Batu ini sudah terkenal sejak ratusan tahun silam. Sejak jaman dahulu batu ini sudah dikenakan oleh raja-raja, dan juga oleh para bangsawan. Untuk batu Zambrud sendiri, yang terkenal adalah Zambrut Kolombia dan juga Zambrud Zambian. Zambrud ditambah di beberapa wilayah negara diantaranya, di Afrika dan Indonesia. Zambrud Indonesia banyak ditambang diwilayah Kalimantan.






Batu Kecubung ( Amethys )


Macam Dan Jenis Batu Akik Yang Paling Banyak DiminatiBatu Kecubung atau Amethys ini juga banyak diburu oleh para kolektor batu akik. Batu yang satu ini tidak hanya popul;er di Indonesia, tapi juga populer di manca negara. Untuk wilayah Indonesia batu ini banyak terdapat di Kalimantan. Selain di Indonesia, batu ini banyak dihasilkan dari berbagai negara seperti, Amerika, India, Srilanka, Brasil, Russia, madagaskar, dan beberapa negara lain di dunia.










Itulah beberapa macam dan jenis batu akik yang banyak diminati oleh kolektor batu. dan munkin
termasuk anda yang menginkan batu-batu diatas tadi. salam gemslover..

0 komentar:

Post a Comment