Jenis sisik dan serat pada batu akik pandan

By

Jenis sisik dan serat pada batu akik pandan

Batu akik pandan merupakan salah satu batu akik yang berbeda dengan batu akik lain. Batu ini memiliki ciri khas berupa serat dan juga sisik yang terdapat didalam batu. Dan itulah yang menyebabkan batu ini menjadi lain dari batu lain.

Jenis sisik dan serat pada batu akik pandan

Batu akik pandan selain memiliki varian warna seperti merah, putih, hijau, kuning, dan warna lain, batu pandan juga memiliki beberapa varian sisik dan serat. Adapun sisik yang dimiliki batu pandan diantaranya yaitu:

Sisik betok
Sisik betok merupakan tampilan sisik yang terdapat dalam batu pandan yang menyerupai sisik ikan betok yang banyak kita jumpai di rawa-rawa.

Sisik betrik
Tampilan sisik pada varian ini menyerupai ikan betrik yaitu berupa sisik lebih kecil di bandingkan dengan varian sisik betok.

Sisik salju
Tampilan sisik pada batu akan menyerupai salju, yaitu dengan butiran halus didalamnya.

Sisik melik
Varian ini memiliki tampilan lempengan kecil, namun arah pada sisiknya tidak beraturan dan berlawanan arah antara sisik satu dengan sisik lainnya sehingga terlihat lebih unik.

Sisik kapas
Tampilan pada sisik kapas memiliki visual berupa gumpalan awan atau serat seperti kapas atau kapuk randu.

Sedangkan untuk serat benang yang terdapat pada batu akik pandan diantaranya adalah:

Serat sutera
Yaitu serat yang terdapat dalam batu dengan bentuk menyerupai helaian benang sutra yang halus dengan posisi berjajar melintang yang seolah-olah memotong badan batu dan biasanya badan vertikal dan serat sutranya horizontal.

Serat capung
Serat ini terlihat seperti urat pada sayap capung yang biasanya berterbangan di sawah maupun di ladang.

Serat jarum emas
Tampilan untuk serat jarum emas yaitu jenis serat ini membentuk butiran-butiran kecil seperti parikel es yang duri-durinya.

Ketiga varian tersebut masuk di dalam kategori serat benang yang dalam mendapatkan jenis varian ini tergolong sulit karena faktor usia dari pada batunya yang terbilang sangat tua. Belum lagi serabut atau serat asap yang biasanya banyak dijumpai pada batu pandan. Kemudian serabut atau asap simple saja karena seperti umumnya asap selalu berbentuk kabut dan terkesan menghalangi pandangan, itu sebagai penjabaran dari varian serat kabut atau serat asap.

Itulah jenus atau varian serat dan juga sisik yang terdapat pada batu akik pandan seperti yang ditulis oleh majalah gemstone. Semoga apa yang telah diulas tadi bisa menambah wawasan kita tentang batu akik nusantara, khususnya batu akik pandan. Selain tersohor karena keunikannya, batu pandan konon juga memiliki mitos. Untuk mitos pada batu pandan bisa anda baca di Mitos khasiat batu akik pandan yang sudah kami ulas sebelumnya.

0 komentar:

Post a Comment