Jenis-jenis batu akik pandan

By

Jenis-jenis batu akik pandan

Serat yang terdapat dalam batu chalsedony menjadi daya tarik pada sebuah batu akik bagi siapapun yang melihatnya. Seperti halnya serat yang terdapat pada batu akik pandan. Dimana batu pandan pada jaman dahulu sering dipakai oleh para jawara tanah betawi. Namun pada jaman moderen seperti sekarang ini, batu akik pandan bisa dipakai siapa saja. Karena selain seratnya yang unik, batu akik pandan juga beragam jenis dan warnanya. Hingga banyak yang tertarik dengan batu tersebut.
Batu akik pandan jika semakin tua akan semakin bagus warnanya. Hal inilah yang membuat batu ini memiliki nilai ekonomi tinggi. Asalkan serat yang ditampilkan mampu membuat tampilan batu pandan menarik dan unik yang terdapat di berbagai jenis batu akik pandan.

Jenis-jenis batu akik pandan

Batu pandan sendiri ada beberapa jenis yang beredar di pasaran yaitu :

Batu pandan kapas
Batu pandan kapas merupakan urutan yang paling diperhitungkan dari berbagai macam jenis batu pandan karena jenis ini merupakan cikal bakal atau awal dari batu akik pandan tampilan fisiknya yang menyerupai akan menggumpal mempunyai keunikan tersendiri bagaikan gumpalan awan yang terdapat di dalam batu jenis ini Apabila dirawat dengan benar maka akan menimbulkan perubahan warna yang akan mempengaruhi tampilan batu pandan ini menjadi akan lebih indah dan unik untuk dipandang mata.

Batu pandan nanas
Warna varian yang ditampilkan pada jenis batu akik pandan nanas ini adalah kuning cerah dan hampir kemerahan apabila kita perhatikan secara seksama jenis batu pandan ini menyerupai warna daging buah nanas apabila perawatan batu akik pandan nanas benar maka tato ini juga bisa berubah warna ke arah orang yg selalu kemerahan tampilan akhir dari pada jenis pandan nanas ini akan lebih menarik jika dilihat tentunya varian ini memiliki tempat tersendiri di hati para penggemar gemslover.

Batu pandan merah
Varian jenis batu akik lainnya yaitu pandan merah yang mana batu ini memang menunjukkan karakter warna merah tua yang sedikit memiliki warna kehitaman dan merupakan tahapan dari jenis batu pandan kemerahan ini untuk mendapatkan warna merah ini tergolong sulit karena selain dari bahan dasar awal perlu ada proses perawatan yang benar dan juga berkala, serta usia dari jenis batu ini yang juga sangat menentukan kualitas karena batu ini semakin ku akan semakin bagus dan bernilai tinggi.

Batu pandan lumut
Untuk varian jenis ini sering juga dinamakan dengan batu pandan hijau karena secara visual warna seratnya menyerupai lumut hijau yang terdapat pada dalam batu Dan inilah yang menandakan bahwa varian tersebut memang usianya lebih tua dari varian batu pandan lainnya jenis ini pula yang biasanya memiliki nilai tinggi di kalangan para kolektor pecinta batu pandan Karena untuk menemui batu ini cukup sulit di pasaran tetapi masalah selera kembali kepada para pecinta batu akik pandan itu sendiri.

Batu pandan oli
Seperti namanya varian yang ditampilkan pada batu ini seperti oli yaitu hitam kecoklatan dan untuk mendapatkan varian jenis ini di pasaran juga terbilang sulit karena harus menunggu waktu yang lama untuk mendapatkannya perawatan yang teratur bisa membuat warna varian jenis ini akan berangsur-angsur menjadi lebih unik dan menarik.

Batu pandan sutera
Varian batu pandan ini merupakan jenis yang langka dengan ciri yaitu serat batu di dalamnya seperti benang sutra yang berbaris sejajar dan memotong garis horizontal pada batu ini tarian ini memiliki usia yang sangat lama keindahan varian ini secara visual Tidak diragukan lagi karena serat Sutra ini memiliki nilai fantastis jika bertemu dengan kolektor sejati dan varian ini memiliki gengsi tersendiri di antara pecinta batu akik pandan.

Penamaan-penamaan atau penyebutan batu akik pandan ini bukan tidak mungkin mengalami perkembangan mengingat Indonesia adalah sebuah negeri yang memang banyak menghasilkan batu-batu yang indah keberadaan batu akik pandan menjadi salah satu bukti bahwa begitu banyaknya jenis batu mulia asli Indonesia yang patut dibanggakan. Batu yang sudah ada sejak zaman nenek moyang ini, dan terkenal dengan mitos batu akik pandan. ternyata semakin berkembang luas di zaman modern yang serba canggih ini. Terlebih lagi dengan berbagai jenis sisik dan serat pada batu pandan, menjadi keistimewaan batu akik pandan. Semoga informasi tentang penamaan dan jenis batu akik pandan ini bisa menambah pengetahuan bagu para pecinta batu semuanya.

0 komentar:

Post a Comment