Treatment Mengatasi Batu Akik Yang Retak

By

Treatment Mengatasi Batu Akik Yang Retak

Mempunyai batu akik yang tanpa cacat tentu jadi idaman para sobat gemslover sekalian, mengingat kesempurnaan pada batu akik yang bagus adalah batu akik yang tanpa cacat. Cacatnya batu akik anda tentunya akan mengurangi keindahan serta nilai pada batu akik itu sendiri. Cacatnya batu akik disebabkan beberapa hal, dan diantaranya dikarenakan batu akik mengalami crack atau retak yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti terjatuh dan terbentur benda keras, atau diakibatkan pemolesan yang kurang hati-hati.

Treatment Mengatasi Batu Akik Yang Retak
Barang kali sobat gemslover pada saat ini mempunyai masalah yang sama pada batu akik anda dikarenakan batu akik anda saat ini mengalami retak. Pastinya dengan retaknya batu akik anda akan mengurangi kepuasan anda untuk mengoleksi batu akik. Namun anda tidak usah kuatir dengan retaknya batu akik anda, karena ada treatment mengatasi batu akik yang retak yang akan saya ulas pada kesempatan kali ini. Semoga dengan anda membaca dan mempraktekannya, batu akik anda yang retak tadi akan kembali seperti semula, sehingga batu akik anda akan menjadi tampak lebih indah.

Untuk melakukan treatment mengatasi batu akik yang retak, anda tidak perlu repot untuk mempersiapkan berbagai macam bahan serta cara sehingga akan menyita waktu anda. Walaupun anda harus bersabar sedikit untuk mengembalikan batu akik anda  yang retak, kembali padat seperti semula. Dikarenakan untuk treatment batu retak ini akan memerlukan waktu yang cukup lama, tergantung seberapa parah keretakan pada batu akik anda.

Yang perlu anda siapkan dan lakukan untuk mentreatment batu akik anda yang retak adalah :

  • Minyak zaitun/Olive oil secukupnya.
  • Toples kecil lengkap dengan penutupnya.

Sedangkan cara treatment mengatasi batu akik anda yang retak adalah :

  • Jemur batu akik anda yang retak dibawah sinar matahari kurang lebih 1 jam.
  • setelah itu masukan batu akik anda kedalam toples kaca yang sudah di persiapkan.
  • Tuangkan minyak Zaitun/Olive oil kedalam toples berisi batu, hingga merendam seluruh badan batu.
  • Setelah minyak zaitun dimasukan dalam  toples, segera tutup toplesnya dengan kencang agar udara tidak dapat masuk ke dalam toples.
  • Simpan toples berisi rendaman batu akik tadi di dalam suhu ruangan, dan aman dari jangkauan, dan jangan sekali-kali membuka toples selama 1 bulan penuh.
  • Setelah 1 bulan penyimpanan toples, buka dan lihatlah hasil dari treatment mengatasi batu akik yang retak.
  • Apabila hasilnya belum maksimal, ulangi langkah langkah diatas untuk ,mengembalikan kepadatan batu akik anda.

Treatment ini bisa dilakukan pada berbagai jenis macam batu, seperti batu jenis chalcedony, batu jenis jesper, maupun jenis batu gambar/agate. Untuk lamanya waktu treatment, tergantung dari parah tidaknya keretakan dari pada batu akik itu sendiri. Untuk batu akik yang mengalami keretakan ringan, minimal 1 bulan sudah bisa dilihat hasil dari treatment ini. Namun untuk keretakan parah, bisa memakan waktu 2 sampai 6 bulan. 

Demikian cara treatment mengatasi batu akik yang retak, semoga setelah melakukan treatment ini, batu akik anda akan kembali semula. Baca juga artikel saya yang lain seperti, cara mentreatment black opal kalimaya Banten dan juga cara treatment batu bacan agar cepat mengkristal, untuk menambah wawasan anda tentang batu akik dan batu mulia.


6 comments:

  1. Selamat siang gan. Saya punya batu yang crack banyak dan halus". Itu rendamannya harus pakai zaitun ya? Kalau pakai baby oil bisa tidak ya? Dan mana yg lebih baik zaitun atau baby oil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous8/27/2015

      Met siang juga..Pengalaman saya dan juga temen2 lebih bagus pakai minyak zaitun gan, yg penting sabar aja dalam treatment, jn sering di buka

      Delete
    2. siang gan, terimakasih atas balasannya, sekali lagi saya mau menanyakan, biasanya kalau direndam zaitun itu batu menjadi kuning" gan. nah kalau sudah rapat cara ngilangin warna kuningnya bagaimana? pengalaman saya punya red borneo, jadi agak coklat" warnanya, tapi batu jadi keras dan padat sih. terimakasih. dan retakanannya sedikit" rapat.

      Delete
    3. Anonymous9/01/2015

      Siang juga gan..rendam batu dengan air mineral dalam gelas keramik samoai minyak keluar. Ganti airnya kalau sudah banyak minyak yg keluar di atas permukaan air gan

      Delete
    4. selamat pagi gan, ane mau nanya sekali lagi nih, bagai mana cara merawat batu yang bacan yang masih muda ya, maaf kalau salah tempat nih.

      Delete
    5. malam gan...gan robby bisa baca artikel ane di http://barubatu.blogspot.co.id/2015/08/cara-treatment-batu-bacan-agar-cepat.html

      Delete