Waspadai Batu Black Opal Palsu

By

Waspadai Batu Black Opal Palsu

Siapa yang tak kenal Black Opal Banten??...Batu yang satu ini telah menjadikan para penggemar batu akik untuk memburunya. Bahkan para gemslover berani merogoh kocek yang tak sedikit demi mendapatkan batu yang satu ini. Pesona batu yang satu ini memang tergolong fenomenal. Betapa tidak??, batu yang berasal dari provinsi Banten ini bisa mengeluarkan kembang warna yang indah, atau lebih sering disebut dengan jarong. Bahkan kabarnya warna yang terdapat pada batu Black Opal asal Banten ini, adalah batu jenis opal yang mempunyai warna terindah dan terbanyak, dibandingkan dengan batu jenis opal yang dihasilkan oleh beberapa negara di seluruh dunia. Maka tak khayal lagi apabila batu Black Opal Banten ini menjadi incaran bagi penggemar batu, bukan hanya di Indonesia akan tetapi sampai ke luar negeri.
Waspadai Batu Black Opal Palsu
Namun siapa sangka kepopuleran batu Black Opal Banten ini dimanfaatkan oknum yang tidak bertanggung jawab, dengan membuat batu cincin Black Opal aspal ( asli tapi palsu) demi meraup keuntungan yang berlipat. Oleh karena itu untuk para penggemar batu mulia, terutama bagi anda pemula penggemar batu, waspadai batu Black Opal Palsu yang saat ini sudah beredar banyak dipasaran. Secara kasat mata, batu Black Opal palsu yang dijual dipasaran, tidak jauh beda dengan batu Black Opal natural, keduanya sama sama mengeluarkan warna kembang jarong. Namun apabila kita lihat secara seksama, Black Opal Palsu mempunyai kilau warna yang berbeda dengan yang asli. Untuk harganya, para pembuat Black Opal aspal ini membandrol barang buatan mereka kisaran 500.000 sampai dengan 1500.000 rupiah bahkan lebih untuk satu batu mata cincinya.
Waspadai Batu Black Opal Palsu
Batu Black Opal palsu sendiri di buat menggunakan bahan Black Opal sempur yang tidak atau belum mengeluarkan kembang jarong, dikarenakan harganya sangat murah dan sangat mudah mendapatkan bahan tersebut. Kemudian bahan campuran yang mereka pergunakan untuk memalsukan Black Opal sangat sederhana, yaitu dengan menggabungkan lem perekat yang dibuat dari resin, kemudian glitter. dan bahan kalimaya jarong yang tidak bisa di bentuk karena ukuranya sangat kecil. Cara pembuatanya pun sangatlah mudah, hanya dengan meremukan bahan Black Opal sempur, kemudian menghancurkan kalimaya jarong menjadi bubuk dan di rekatkan menggunakan lem dengan campuran glitter. Dan pembuatan satu mata cincin Black Opal ini membutuhkan proses pengeringan hingga 2 hari sebelum siap di gosok. Dalam satu hari para oknum ini bisa menghasilkan puluhan batu cincin Black Opal aspal.

BACA JUGA :
MENGENAL VARIAN BATU JENIS OPAL DAN BLACK OPAL
CARA MENTREATMENT BLACK OPAL BANTEN
CARA EKSTRIM TREATMENT BATU BLACK OPAL

Jadi bagi anda yang ingin memiliki Batu Black Opal, waspadai batu Black Opal palsu, jangan tergiur dengan harga yang murah. Untuk memastikan keaslian ada baiknya apabila anda membeli batu Black Opal yang bermemo atau mempunyai serifikat dari laboratorium geomolog. Hindari pembelian atau transaksi melalui online apabila anda ragu dengan keaslian Black opal yang ditawarkan oleh penjual.

0 komentar:

Post a Comment