PESONA BATU AKIK PANDAN

By

PESONA BATU AKIK PANDAN

Seiring dengan maraknya bebatuan nusantara sejak beberapa tahun terakhir, dunia perbatuan Indonesia kembali dihebohkan dengan pesona batu akik pandan, kepopuleran pandan tak lepas dari peran serta para penggemarnya terutama yang tergabung dalam komunitas pecinta akik pandan yang pembinanya bpk. H. Mandra, salah seorang tokoh seniman betawi, sedangkan pendiri komunitas ini adalah pengguna bang Gunawan Cs. Sehingga batu akik pandan sekarang ini tidak kalah dengan kepopuleran batu akik yang lain seperti, batu Bacan doko dan palamea, indocrase solar aceh, sungai dareh, dan batuan lain yang sudah tenar di kalangan pecinta batu di tanah air.

Batu yang termasuk ke dalam keluarga agate chacedony ini sudah ada sejak dahulu kala, dan semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan sebenarnya batu akik pandan sudah menjadi legenda selama puluhan tahun silam, terutama di wilayah tanah betawi yang meliputi area Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi bahkan hingga Karawang.

Lalu seperti apakah pesona batu akik pandan tersebut??

Pada dasarnya akik pandan terdiri dari dua jenis, yang pertama adalah jenis pandan kapas, dan yang kedua adalah jenis pandan sutra. Fenomena yang ada pada jenis pandan kapas adalah adanya klep garis jalannya air, yang bentuk seperti mata kucing. Hal ini menjadi salah satu pakem batu pandan selain fisiknya yang fenomena klep bisa didapat karena memang klep tersebut sudah ada sejak dari bahan dasarnya. Tetapi klep pada batu pandan bisa juga hasil dari potongan tukang gosok yang sudah ahli, biasanya model gosokan jenis tulang lindung, atau gosokan bekasi, yang kedua ujung kanan, kiri, atas gosokannya sedikit runcing. Sehingga bias cahaya pada fisik memantulkan cahaya seperti klep. Selain klep, keindahan yang ada pada batu pandan terletak pada sisik warnanya. Secara garis besar ada dua jenis sisik, yaitu sisik betik dan sisik betok. pertemuan sisik yang rapi pada pandan kapas, akan membentuk suatu fenomena yang sangat tajam dikarenakan adanya proses kristalisasi serta pembiasaan cahaya pada batu tersebut.

PESONA BATU AKIK PANDAN

Seperti pada beberapa jenis batu lain, pandan adalah salah satu jenis batu yang dapat berupa proses atau bermetamorfosis. Varian warna yang ada pada batu pandan antara lain, putih, hijau, kuning, merah, abu abu, coklat, dan hitam. Fenomena klep agak sedikit jarang ditemukan pada varian jenis pandan warna merah, atau merah muda.

Untuk jenis pandan sutra salah satu ciri yang sangat mudah ditemui ada lah adanya serat seperti benang yang memanjang dari kiri ke kanan, atau sebaliknya. Semakin rapih atau rapet, maka semakin tajam pula kilaunya. Pada pandan sutra tertentu ditemukan pula fenomena yang sangat tajam. Beberapa varian warna pandan sutra yang beredar di pasaran, ada putih kristal, warna gading semu hijau, dan kuning. Jenis batu pandan ini banyak terdapat di hampir semua provinsi di Indonesia, terutama daerah penghasil batu alam chalcedony, baik yang berasal dari sungai maupun hasil galian dari bukit.

Bagaimanakah menentukan peran dan berkualitas bagus mungkin panduan dibawah ini bisa menjadikan sebagai tolak ukur 
  1. Bebas tali air, atau tidak ada serat sulaiman
  2. Isi atau serat sutra nya harus teratur, rapi, dan padat serta penuh 
  3. Tidak ada kotoran, batu jernih kristalnya 
  4. Tidak mengambang atau menggantung karena mengurangi keindahan 
  5. Warna harus sama atau rata di seluruh bagian batu, teristimewa jika mendapat dominan satu warna seperti hijau, kuning, putih, abu abu, atau merah 
  6. Memiliki fenomena tersendiri seperti klep mata kucing
  7. Body glass, serta kilaunya tajam serta ukuran proporsional
BACA JUGA:
PERBEDAAN BATU AKIK DAN BATU MULIA
BATU ANGGUR API LAMPUNG
MEMBEDAKAN BATU CHALSEDONY

Untuk mendapatkan batu akik pandan yang berkualitas bagus, memang diperlukan ketelitian serta kesabaran, dikarenakan sangat sulit mendapatkan bahan berkualitas. Batu pandan yang beredar di pasaran banyak yang berasal dari wilayah hulu sungai ciliwung bogor, Bekasi, Tangerang, Sukabumi, Pacitan, Bengkulu,Lampung, dan juga dari pulau Obi. Tak heran jika batu pandan ini semakin diburu oleh para penggemarnya dikarenakan adanya perpaduan, antara warna yang dapat menimbulkan sensasi tersendiri bagi para penggemarnya bila memandang batu pandan tersebut. Fenomena ini sudah terjadi di kalangan pecinta batu pandan hampir di seluruh indonesia.

0 komentar:

Post a Comment