Batu Berjad Api/Fire Opal Wonogiri

By

Batu Berjad Api/Fire Opal Wonogiri

Setelah kemarin kita mengulas batu asal Sukabumi Jawa Barat, yaitu Batu Chrysopal Sukabumi dan Blue Opal Sukabumi, kini akan saya ulas tentang batu Berjad Api/Fire Opal. Walaupun sama-sama mempunyai nama Opal dibelakangnya, namun tentunya batu Fire Opal ini mempunyai karakteristik yang berbeda dengan batu asal Sukabumi tersebut.

Kejernihan serta tarian cahaya pada Batu Berjad Api atau sebutan geomolog Fire Opal ini, yang menjadikan fenomenal batu Berjad Api/Fire Opal ini akan membuat siapapun menyangka bahwa hasil polesan yang telah berbentuk mata cincin tersebut adalah batu sintetis atau jenis batuan yang tidak natural. Secara geomolog, batuan ini mengandung mineral SiHo2, yaitu komposisi air dan oksigen dengan kekerasan 6.5-7 skala mohs.

Saat ditemukan, rough batu ini tidak terlalu besar. Ukuran rata-rata rough batu Berjad Api/Fire Opal ini tidak lebih dari 200 gram. Ukuran ini setara dengan 2 jempol kaki dalan kondisi terbungkus kulit dengan warna putih kekuningan. Namun setelah diproses dengan mengupas kulit batu, maka akan difapat daging batu dengan hasil batuan dengan kekristalan yang bisa dilihat tanpa alat bantu cahaya. Varian batu Berjad Api atau Fire Opal Wonogiri ini ada bermacam warna, seperti warna merah menyala, orange, kuning, biru, hijau, coklat, ada juga varian dengan dua warna sekaligus seperti warna kuning dengan merah.

Sejak abad 14 Masehi, batu Berjad Api sudah dipakai oleh para bangsawan kerajaan Majapahit pada masa itu. Cerita sejarah ini bisa dibaca di situs Wilwatika atu Majapahit. Warna oranye kemerahan menjadi ikon yang dipakai raja Majapahit pada kala itu. Dari sumber itu, batu Berjad Api menjadi salah satu primadona di kalangan bangsawan. Sungguh sesuatu yang istimewa, karena pilihan raja atau bangsawan pastinya pilihan yang terbaik diantara yang baik. 

Tanah Wonogiri yang secara goegrafis 60 persen wilayahnya terdiri dari pegunungan, ternyata mempunyai banyak batuan yang beraneka ragam. Dan salah satu yang sedang kita bahas, yaitu batu Berjad Api atau Fire Opal Wonogiri ini. Ada beberapa kecamatan di wilayah kabupaten Wonogiri yang berpotensi memiliki batu Berjad Api, yaitu kecamatan Karang Tengah, Tirtomoyo, Jatisrono, Girimarto, dan Kismantoro. Dari sekian kecamatan, di kecamatan Kismantoro paling banyak ditemukan batuan Berjad api saat ini. 

Varian warna Berjad Api
Batu Berjad Api mempunyai warna yang sangat khas, yaitu warna transparan yang begitu jernih, secara kasat mata kejernihan batu ini bisa dilihat. Serat yang dimiliki batu ini sangat halus, namun karena sifat batu Opal yang mengandung silika ini tidak tahan dengan gesekan dan suhu yang terlalu panas, dan efek yang ditimbulkan biasanya pecah atau retak.

Batu Berjad Api/Fire Opal Wonogiri

Mengenai warna yang sangat variasi, ada warna merah, orange, kuning, hijau, coklat dan biru. Dari warna-warna tersebut, warna orange paling sulit didapatkan, dan karena sulitnya mencari rough warna ini membuat harga Berjad Api warna orange menjadi lebih mahal dibandingkan dengan warna lain. Batu Berjad api akan semakin indah akan menjadi lebih indah apabila di cutting bagian bawahnya menyerupai cuttingan batu permata. Dan berikut varian warna pada batu Berjad Api/Fire Opal Wonogiri :

Warna Merah
Warna ini ada yang semi doft jadi tampilan atasnya tidak terlalu cerah, namun ada juga dengan warna merah menyala apabila dibantu dengan ikatan mangkuk dibawahnya.

Warna Orange
Warna ini memang mempunyai keistimewaan tersendiri dengan warna tegas orange bercahaya, dan akan lebih indah apabila bawahnya dicutting menyerupai batu permata.

Warna Kuning
Warna kuning pada Berjad Api lebih menawan dibandingkan dengan warna kuning pada batu Chalcedony lainya, karena transparasi dan kilauan warnanya begitu kuat.

Warna Hijau
Warna ini jarang diketemukan, namun secara visual hijau tua dengan tingkat transparasi yang kuat dan benar-benar terang.

Warna Biru
Warna biru pada Berjad Api juga jarang diketemukan, namun warnanya yang jernih menjanjikan transparasi yang natural.

Warna Coklat
Warna ini biasanya ada warna kesan hijau tua sedikit agai kehitaman, namun begitu kena cahaya warna kecoklatan tetap terlihat.

Dwi Warna
Warna ini termasuk warna spesial, dimaba tampilanya sangat mempesona, misalnya warna kuning dengan tembakan hijau, ada juga warna merah dengan tembakan warna orange. Jadi warna Dwiwarna pada Berjad Api sangat indah dan mempesona.
Itulah beberapa warna yang membuat fenomenal Batu Berjad Api/Fire Opal Wonogiri, diantara batu Chalcedony yang berasal dari Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment