Cara Treatment Batu Bacan Agar Cepat Mengkristal

By

Cara Treatment Batu Bacan Agar Cepat Mengkristal

Buat kalangan pecinta batu mulia, siapa yang tidak tahu Batu Bacan??...tentu saja anda semua mengetahuinya, dan bahkan mungkin anda sudah mengoleksi beberapa batu bacan, baik batu bacan doko maupun batu bacan palamea. Dari sebagian anda yang mempunyai budget lebih tentunya akan dapat dengan mudah memperoleh batu bacan berkualitas bagus atau batu bacan super natural, dan tidak perlu melakukan cara treatment batu bacan agar cepat mengkristal dan plong, hanya tinggal merawatnya saja. Tetapi bagaimana dengan yng mempunyai budget pas-pasan seperti saya??...terkadang hanya demi bisa mengoleksi batu bacan, terpaksa membeli batu bacan kualitas nomor 2 bahkan kualitas rendah atau batu bacan muda.

Cara Treatment Batu Bacan Agar Cepat Mengkristal

Dengan membeli batu bacan kualitas rendah, pastilah tidak sebagus dengan batu bacan dengan kualitas super. Oleh karenanya banyak dari kita, khususnya yang mengoleksi batu bacan kualitas rendah, berusaha agar batu bacannya menjadi tampak lebih bagus, tidak kalah dengan kualitas super. Berbagai cara mereka lakukan demi merubah fisik batu bacan koleksinya menjadi lebih kristal, dan leboih plong. Karena batu bacan kualitas rendah pastinya belum tembus cahaya, belum kristal, dan belum menampakan body glass. Bahkan terkadang untuk bacan doko, masih berwarna hitam dan masih banyak mengandung kapur. Untuk itu, kita harus mengetahui cara treatment batu bacan agar cepat mengkristal dan tembus cahaya.

Dalam tretment batu bacan dibutuhkan kesabaran dan ketekuan, tidak hanya batu bacan tetapi juga batu-batu yang lain, seperti Treatment Batu Black Bpal Banten. Selain kesabaran serta ketekunan, tentunya kita juga harus mempunyai pemahaman dalam mentreatment batu bacan. Banyak orang melakukan treatment batu bacan yang berujung pada kegagalan, bahkan tak jarang batu bacan yang mereka treatment menjadi rusak, diakibatkan kurangnya pemahaman cara treatment batu bacan agar cepat mengkristal. Untuk itu saya ingin berbagi dengan anda semua bagaimana cara treatment batu bacan agar cepat mengkristal. Apalagi bagi anda yang mempunyai batu bacan yang masih mudah, yang rentan retak atau crack, bahkan pecah dan hancur.

Bebeda dengan treatment batu bacan menggunakan cara pemanasan atau heating, yang rentan dengan resiko batu menjadi crack bahkan hancur, saya akan memberiklan tips cara treatment batu bacan agar cepat mengkristal yang lebih aman tanpa resiko batu menjadi hancur atau crack. Saya sarankan anda mentreatment batu bacan anda yang masih berbentuk bongkahan (rough) atau masih bahan, karena apabila batu bacan anda sudah dibentuk, namun masih muda, akan mengalami pengikisan pada permukaan batu dikarenakan yang diakibatkan keluarnya kapur dari dalam bdan batu bacan. Sebelum anda mau melakukan treatment ini, baiknya batu bacan anda rendam menggunakan air, akan lebih baik lagi menggunakan air hujan, selama kurang lebih 3 hari 3 malam untuk mengangkat kotoran dari dalam batu bacan yang akan anda treatment.

Bagaimanakah cara treatment batu bacan agar cepat mengkristal ??..berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk mentreatment batu bacan anda :

  • Siapkan batu bacan anda, baik jenis palamea maupun doko, lalu jemur batu bacan dibawah sinar matahari langsung kurang lebih 2 jam, untuk mengurangi kadar air.
  • Siapkan botol kaca lengkap dengan penutupnya.
  • Siapkan air kelapa hijau, atau cairan isotonik.
  • Siapkan tisuue secukupnya.
  • Amplas no. 800.


Setelah bahan-bahan yang anda siapkan sudah tersedia, anda tinggal lakukan langkah selanjutnya, yaitu :

  1. Angkat batu bacan anda setelah kurang lebih 2 jam dilakukan penjemuran.
  2. Kemudian amplas permukaan batu bacan menggunakan amplas no.800 secara hati-hati dan merata diseluruh permukaan badan batu. Pengamplasan dilakukan seperlunya saja, untuk membuka pori-pori batu.
  3. Setelah batu bacan selesai di amplas, anda celupkan tisuue ke dalam air kelapa hijau atau cairan isotonik yang sudah anda persiapkan tadi.
  4. Balut batu bacan menggunakan tisuue yang sudah anda celupkan kedalam air kelapa hijau atau cairan isotonik. Balutkan tisuue hingga batu bacan tertutup rapat oleh tisuue.
  5. Masukan batu bacan yang sudah terbalut tisuue ke dalam toples kosong, kemudian tutup toples dengan rapat sampai udara tidak bisa masuk.
  6. Simpan botol yang berisi batu bacan di tempat yang aman, dengan suhu ruangan, dan jangan pernah dibuka penutup botol selama 1 minggu.
  7. Setelah 1 minggu, buka toples dan keluarkan batu bacan, kemudian setelah batu dikeluarkan dari dalam toples, buka tisuue yang membalut batu bacan, kemudian jemur batu bacan  di bawah terik matahari kurang lebih 2 jam. 
  8. Setelah dilakukan penjemuran, batu bacan akan terlihat memutih yang di sebabkan  kapur pada badan batu keluar ke permukaan batu.
  9. Setelah itu kita menuju treatment tahap kedua, lakukan lagi proses nomer 1, 2, 3, 4, 5, 6,7,8 selanjutnya anda harus menyimpan dan jangan membuka toples selama 1 bulan. 

Setelah melakukan langkah2 diatas, lihatlah hasil dari cara treatment batu bacan agar cepat mengkristal tadi. Apabila hasil belum memuaskan, bisa diulangi lagi cara diatas sampai batu bacan anda menjadi body glass dan tembus cahaya. Untuk membuat batu bacan anda menjadi kristal dan tembus cahaya, dibutuhkan waktu dari 1 bulan, bahkan sampai satu tahun tergantung dari kualitas bahan batu bacan yang anda treatment. Asalkan anda mengikuti proses di atas dengan benar, maka batu bacan anda menjadi batu bacan yang anda idamkan. Kuncinya adalah dengan kesabaran dan ketekunan anda dalam mentreatment batu bacan milik anda.

Itulah cara treatment batu bacan agar cepat mengkristal. Semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat buat sobat gemslover semuanya. Anda juga bisa baca artikel saya yang lain mengenai batu bacan yang berjudul Sejarah Batu Bacan dan Batu Bacan Doko dan Palamea, untuk menambah wawasan anda tentang batu Indonesia. Salam gemslover...


0 komentar:

Post a Comment