Batu Bulu Macan

By

Batu Bulu Macan

Tentang historis Batu Bulu Macan, tidak separti batu-batu yang lain, seperti Batu Bacan yang ditambah jauh dari pemukiman penduduk, batu Bulu Macan justru ditambang di sebuah desa pedukuhan yang sudah padat dengan perumahan penduduk yaitu di desa Sukosari, kecamatan Jatiroto, Lumajang Jawa Timur.
Yang sangat menarik lokasi penambangan sangat terbatas. Batu Bulu Macan ditemukan di satu lokasi yang areanya hanya sekitar 4 kilometer persegi yang sudah menjadi pemukiman. Batu Bulu Macan ini belum ditemukan didaerah lain ataupun negara lain. Hingga Bulu Macan menjadi komoditas yang bernilai tinggi karena ketersediaanya yang sangat terbatas dibandingkan batu jenis lain, namun juga bisa menjadi kepunahan dikarenakan batu bulu macan tidak ada di tempat lain.

Batu Bulu Macan

Batu Bulu Macan dari sisi lain mempunyai cerita yang kental dengan mistis. Sebagian orang menyebutnya dengan batu ghoib. Karena sebelum melakukan penambangan batu Bulu Macan ini, para penambang batu melakukan ritual-ritual tertentu agar bisa menemukan batu tersebut. Namun sebagian orang menganggap itu berlebihan, karena batu sejatinya hanyalah merupakan kekayaan alam, dan tidak ada unsur mistisnya.

Para penambang Batu Bulu Macan menggali halaman rumah, kebun belakang, saluran air, dipinggir jalan, bahkan didalam rumah pun digali jika menurut mereka ada batu Bulu Macan yang mereka cari.

Mengenai sebutan Bulu Macan sendiri, seperti halnya Agate lainya. Disebut Bulu Macan karena keunikan pada batu ini mempunyai fenomena Fibrous kekuningan, seperti layaknya bulu macan (Tiger fur ), yang timbul tenggelam dipermainkan oleh cahaya diatas warna dasar yang hitam pekat. Kalau diperhatikan, kilau batu akik Bulu Macan ini akan mirip dengan Hologram, dimana satu sisi timbul dan satu sisi tenggelam.

Dibeberapa laboratorium geomologi masih ada perbedaan penamaan tentang batu Bulu Macan. Dikarenakan kemungkinan masih minimnya informasi tentang batu Bulu Macan ini. Sebagai contoh batu ini telah dikirimkan untuk diuji di laboratorium geomologi untuk dibuatkan memo dan sertifikat. Di SKYLAB dan ACC ada kesamaan yaitu "Black Seraphinite Clinochlore", GRI menyebutkan "Black Pietersite ( Quart ), dan yang lebih menarik di AGL menyebut batu Bulu Macan ini dengan " Black Tiger Eye". Adapun laboratorium lain menolak mengeluarkan hasil seperti BIG, dengan alasan mereka menilai Bulu Macan punya kemungkinan yang berbeda yaitu :

1. Bulu Macan bukan bayu, melainkan limbah tebu modern.
2. Bulu Macan merupakan batuan obsidian
3. Bulu Macan kemungkinan sintethic ( man made )

Itulah alasan kenapa BIG menolak mengeluarkan memo.
Sebagai catatan,  rough Bulu Macan yang dikirimkan ke beberapa laboratorium geomologi, namun hasil yang mereka keluarkan berbeda-beda.

Baca juga : Batu Akik Gambar
                   Batu King Tomato

Namun terlepas dari itu semua, batu akik Bulu Macan adalah salah satu keindahan yang patut kita kagumi, terutama bagi pecinta batu akik.Batu Bulu Macan menjadi batu yang yang sangat fenomenal. Bukan hanya karena asal-usulnya, akan tetapi dikarenakan dengan ciri khas yang ada pada batu tersebut.

0 komentar:

Post a Comment