Mitos khasiat batu akik pandan

By

Mitos khasiat batu akik pandan

Batu akik pandan merupakan salah satu jenis batu akik yang memiliki corak paling unik diantara batu akik lainnya, seperti bentuk nanas yang berwaran merah. Untuk batu akik yang satu ini belumlah banyak yang mengenalnya, dan hanya beberapa kolektor batu akik yang mengenalnya. Namun untuk di tanah betawi yang meliputi Jakarta, Bekasi, Tangerang, Depok, Bogor, dan wilayah sekelilingnya, batu akik pandan ini sudah melegenda, karena sudah tenar dari jaman dahulu.

Mitos khasiat batu akik pandan

Batu akik pandan memiliki warna yang hampir sana dengan batu akik cempaka madu. Sehingga kebanyakan orang akan sulit untuk membedakan antara keduanya. Terlebih lagi apabila batu ini masih berupa rough atau bongkahan. Namun apabila sudah dijadikan batu cincin, kita dengan mudah untuk membedakannya dengan melihat sisik yang terdapat dalam batu tersebut. Batu akik pandan memiliki teksur dengan motif berupa bercak putih didalamnya, dan inilah yang merupakan perbedaan dengan batu lain.

Selain teksturnya yang unik dan berbeda dengan batu akik lain, konon batu akik pandan juga memiliki khasiat. Batu yang juga tidak hanya berasal dari tanah betawi ini, namun juga banyak ditemukan didaerah lain seperti Sumatera, Kalimantan, Maluku, juga daerah lainnya. Untuk mengetahui khasiatnya, berikut khasiat yang terdapat pada batu akik pandan menurut cerita turun temurun.

  1. Batu akik pandan selain digunakan sebagai perhiasan, terutaman mata cincin, konon batu ini juga bisa digunakan untuk kesehatan. Batu pandan apabila digunakan oleh penderita darah tinggi bisa menurunkan tekanan darah. Batu akik pandan akan mampu menyeimbangkan dan mengalirkan darah dalam tubuh menjadi lebih normal.
  2. Batu pandan dipercaya bisa menjadi pemanis pada pemakainya. Batu pandan biasanya dipakai bagi mereka yang suka berinvestasi untuk memiliki kembali energy dalam baik dalam penampilan serta pada dirinya.
  3. Mampu digunakan sebagai batu keberuntungan, dimana banyak yang percaya bahwa dengan memakai batu akik pandan akan mampu membawa si pemakai dalam keberuntungan.


Itulah beberapa khasiat yang terdapat dalam batu akik pandan. Namun benar dan tidaknya khasiat-khasiat tersebut hanyalah mitos, seperti pada batu lainnya seperti batu akik tapak jalak, mustika tolak bala, batu akik combong, dan sebagainya. Namun yang jelas, seseorang yang memaki batu ini akan tampak menarik dengan cincin bermatakan batu akik pandan yang dengan keunikannya dibandingkan dengan batu akik lain.

0 komentar:

Post a Comment