Keistimewaan batu akik pandan

By

Keistimewaan batu akik pandan

Bagi masyarakat Betawi tempo dulu memakai batu akik pandan merupakan kebanggaan tersendiri dalam bergaul pergaulan sehari-hari di masa itu. Karena jaman dahulu batu akik kanan sering dipakai oleh para jawara, saudagar, pedagang, alim ulama, hingga para bangsawan ini yang memang dipercaya memiliki kharisma tersendiri. Varian Agate kalsedoni yang begitu kental dengan nama batu pandan ini ternyata memiliki keistimewaan tersendiri.

Keistimewaan batu akik pandan

Lalu apa sajakah keistimewaan yang dimiliki batu pandan?, berikut beberapa diantaranya:

Batu pemikat
Beragam opini ketika orang Betawi ditanya mengenai manfaat atau khasiat yang terdapat pada batu akik pandan. Sebagian orang tua dulu mempercayai bahwa batu akik pandan dapat digunakan sebagai daya tarik atau pengasihan untuk memikat lawan jenis, sehingga tertarik dengan orang yang memakai batu tersebut. Namun juga ada lagi yang mempercayai bahwa batu ini dapat menambah keharmonisan dalam rumah tangga menambah pertemanan serta mampu mempermudah dalam mencari relasi kerja atau bisnis. Benar tidaknya ini hanyalah merupakan mitos yang beredar dalam masyarakat. Namun yang jelas keindahan pada batu akik pandan memang akan membuat si pemakai akan terlihat lebih menarik dengan cincin permata kan batu akik pandan.

Meringankan penyakit
Mitos selanjutnya yaitu secara psikis batu pandan dapat digunakan sebagai media untuk pengobatan diantaranya, mampu membantu meringankan beberapa penyakit seperti penyakit yang bersinggungan dengan penyakit tulang, asma, paru-paru, ginjal, pencernaan, dan lain-lain. Ada pula yang mempercayai bahwa batu pandan ini mampu memperbaiki kesehatan dan kebugaran tubuh. Si pemakai batu ini dipercaya memiliki kemampuan menetralisir zat negatif yang ada pada tubuh manusia karena kandungan mineral alami yang terkandung didalam batu pandan mampu mengeluarkan hawa hawa negatif yang ada di dalam tubuh manusia, sehingga aura positif yang tadinya terpendam di dalam tubuh akan berubah dan akan mendominasi tubuh sang pemakai batu akik pandan. Sekali lagi ini hanyalah mitos yang berkembang didalam masyarakat. Namun secara ilmiah belum bisa dibuktikan.

Itulah beberapa keitimewaan yang terdapan pada jenis-jenis batu akik pandan yang selama ini beredar. Jadi selain berbagai jenis sisik dan serat batu akik pandan yang membuat batu ini menarik dan menjadi buruan, juga cerita mitos khasiat batu akik pandan yang selalu melekat pada batu ini, hingga batu akik pandan tetap eksis hingga saat ini.

0 komentar:

Post a Comment