Mengenal varian batu jenis opal atau black opal

By

Mengenal varian batu jenis opal atau black opal

Perlu diketahuai bahwa jenis  batu opal atau black opal itu sebenarnya tidak hanya hasil tambang dari Indonesia saja, yang terdapat di provinsi Banten. Akan tetapi ada beberapa negara dibelahan dunia yang juga penghasil batu jenis opal dan black opal yaitu Australia, Afrika, dan juga Amerika latin, khususnya meksiko. Batu jenis opal atau black opal asal negara tersebut, dipasaran Indonesia juga banyak beredar. Namun tentunya dari keempat jenis batu opal atau black opal, mempunyai perbedaan-perbedaan. Sebagai penggemar batu, khususnya jenis opal maupun black opal tentunya harus tau apa perbedaan pada batu masing- masing negara. Secara umum, batu jenis opal atau black opal dari tiap negara mempunyai kemiripan dan kesamaan. Namun kalau dilihat secara seksama, batu dari berbagai negara tersebut, pastilah mempunyai ciri yang berbeda.

Mengenal varian batu jenis opal atau black opal

Dari negara-negara penghasil batu jenis opal ataupun black opal, negara Australia saat ini sebagai penghasil batu jenis opal terbesar di dunia. Australia adalah pemasok memasok batu jenis opal atau black opal yang mencapapai 97% didunia. Sebetulnya masih banyak negara penghasil batu jenis opal di dunia selain yang saya sebutkan di atas, diantaranya negara Republik ceko, Hungaria, Slowakia, Turki, Brasil, Honduras, Guatemala, Nikaragua dan beberapa negara lain. Namun dari beberapa negara penghasil batu jenis opal dan black opal yang banyak dikenal dikalangan gemslover dunia yaitu yang berasal dari Indonesia (Banten), Australia (Quennsland bagian barat), Meksiko, dan Ethiopia (Afrika).

Walaupun mempunyai kesamaan secara umum, baik kandungan silika, kuarsa, maupun kekerasan antara batu jenis opal atau black opal yang berasal dari ke empat negara, yaitu Black opal Kalimaya Banten, Opal atau Black opal Australia, Black opal atau Opal Afrika, Black opal atau Fire opal meksiko, namun jenis batu opal dari negara tersebut mempunyai perbedaan. Untuk mengetahui perbedaan-perbedaan yang terdapat pada batu jenis opal dan black opal dari negara-negara tersebut, kita akan ulas dibawah ini:

Batu opal atau black opal Kalimaya Banten (Indonesia)
  1. Batu opal (Kalimaya) dan black opal banten mempunyai karakteristik kembang jarong yang soft, pergerakan warna jarong  yang tidak monoton, bisa dilihat dari berbagai sisi baik dari luar dan dalam badan batu opal terkecuali untuk jenis black opal sempur, black opal solid abu, dan black opal aspal karena jenis ini tidak tembus cahaya.
  2. Kombinasi warna yang terdapat pada batu Kalimaya dan Black opal Banten memiliki banyak varian warna diantaranya, hitam, coklat, kuning, ungu, biru, magenta, merah rose, hijau, jingga, hingga putih, yang membuat batu opal Kalimaya dan black opal Banten memiliki lebih banyak varian warna dibandingkan dengan batu jenis opal lainya.
  3. Warna lebih tegas, tidak mudah hilang, dan juga lebih hidup dibandingkan dengan jenis opal dari negara lain.
  4. Batu Opal Banten memiliki warna yang berubah-ubah, dan juga jernih.
  5. Batu jenis opal Bnaten memiliki banyak jenis, tidak hanya black Opal  Kalimaya, namun juga ada Kalimaya susu, Kalimaya teh, Kalimaya kopi, Klimaya kristal bening, Kalimaya bunglon, Kalimaya kristal pelangi, Klimaya kristal hijau.

Batu opal Australia
  1. Opal yang berasal dari negara Kanguru ini hanya mempunyai 3 jenis, yaitu black opal, white opal, dan boulder opal.
  2. Warna pada batu jenis opal Australia tampaktegas dan terang, namun tidak mempunyai pergerakan dan tidak tampak hidup seperti pada batu jenis opal yang berasal dari Indonesia.

Batu Opal Amerika latin dan opal Afrika
  1. Untuk kedua jenis batu opal yang berasal kedua negara ini pada umumnya mempunyai kesamaan, baik pada corak batu, kembang warna, jenis batu, dan juga kombinasi warnanya.
  2. Memiliki kembang warna yang jernih, namun pergerakan warna pada batu dari 2 negara ini sangat sedikit dan monoton. Sedangkan kilap cahaya yang dihasilkan oleh kembang jarongnya hanya tampak pada luar batu.
  3. Batu opal dari kedua negara ini hanya memiliki sedikit tembus pandang atau semi transparan.
  4. Varian warna pada batu ini sangat terbatas, yaitu hanya memiliki warna merah, orange, kuning dan kecoklatan.
  5. Batu opal yang berasal dari kedua negara ini hanya mempunyai 2 varian jenis, yaitu Black opal dan Fire opal.
Itulah perbedaan batu jenis opal dan black opal, antara keempat negara yang banyak beredar di Indonesia. Dari perbedaan-perbedaan batu jenis opal yang dihasilkan keempat negara tersebut, batu jenis opal dan black opal Banten (Indonesia) menjadi batu jenis opal dan black opal yang terindah saat ini. Tak heran apabila batu opal Kalimaya dan black opal Banten, sangat diminati oleh para pecinta batu, bukan hanya pecinta batu lokal saja, namun juga dari manca negara. Untuk harganya sendiri, batu Opal Kalimaya dan black opal Banten memiliki harga yang tinggi dibandingkan dengan batu jenis opal negara lain.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang batu black opal, baca juga artikel saya yang lain yaitu CARA MEMILIH  BATU BLACK OPAL KALIMAYA, JENIS BLACK OPAL KALIMAYA BANTEN, WASPADAI BATU BLACK OPAL PASLU, CARA EKSTRIM TREATMENT BLACK OPAL, dan juga CARA MENTREATMENT BATU BLACK OPAL BANTEN untuk menambah wawasan anda tentang batu.
Semoga apa yang saya ulas diatas bisa bermanfaat, terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment