Cara mentreatment Black Opal Banten

By

Cara mentreatment Black Opal Banten

Bagi para gemslover tentunya batu Black Opal Banten, atau orang sering menyebut BO, sudah tidak asing lagi. Batu jenis Opal asal provinsi Banten ini, bisa memunculkan bias warna warni atau yang disebut dengan kembang warna atau jarong. Di mana batu ini bisa mengeluarkan kembang beraneka warna.

Karena keindahan warna yang terdapat pada batu Black Opal Banten inilah banyak orang yang memburunya, walaupun harganya tinggi. Terlebih apabila jarong pada batu tersebut natural. Harga yang tinggi inilah yang membuat para pecinta batu  terpaksa membeli rough atau bahan yang belum mengeluarkan jarong atau warna. Akan tetapi apabila bahan yang belum mengeluarkan kembang warna, apabila tidak kita rawat atau di treatment, tentunya akan sangat lama batu tersebut di tumbuhi kembang warna.

Cara mentreatment Black Opal Banten

Mungkin sebagian dari anda para pecinta batu, khususnya batu Black Opal Banten belum tahu bagaimana caranya agar Black Opal anda cepat mengeluarkan jarong. Nah, kali ini saya akan memberikan tips bagaimana mentreatment batu Black Opal Banten agar cepat ditumbuhi kembang warna atau jarong.

Sebelum melakukan treatment Black opal, pastikan dulu anda membeli bahan Black Opal yang berkualitas. Dikarenakan tidak semua bahan Black Opal akan cepat menjadi jarong bila di treatment. Bahkan tak jarang, apabila kita asal-asalan membeli bahan Black Opal, akan menjadi sia-sia waktu dan tenaga kita karena batu  tidak dapat mengeluarkan kembang warna, walaupun sudah kita treatment sekian lama. Untuk mengetahui bagaimana cara memilih bahan Black Opal yang berkualitas, anda bisa membacanya di cara memilih Black Opal berkualitas.

Untuk mentreatment batu Black Opal sendiri sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara, diantyaranya yaitu dengan media air hujan, dengan menggunakan minyak, dan juga dengan pemanasan. Namun saya akan memberikan tips treatment batu Black Opal ini menggunakan minyak zaitun, yang saya anggap paling efektif sesuai dengan pengalaman saya.

Dan berikut ini adalah tahap demi tahap yang harus anda lakukan untuk Cara mentreatment Black Opal Banten

Langkah pertama
Bersihkan bahan/rouhg Black Opal anda apabila masih tertutup abu atau lumpur yang menempel di bagian  luar badan batu, dengan cara di gerenda atau di gosok menggunakan amplas kasar sampai bersih.

Langkah kedua
Siapkan minyak kelapa, penggorengan untuk memanaskan minyak, nampan stainless atau wadah yang tahan api atau panas untuk menaruh bahan black Opal.

Langkah ketiga
Panaskan minyak kelapa diatas kompor sampai kurang lebih mencapai panas 60 derajat, dan tuangkan minyak tersebut ke nampan atau wadah yang berisi bahan Black Opal, lalu aduklah bahan Black Opal tadi sampai badan batu terlumuri minyak panas secara merata, kemudian diamkan sampai menjadi dingin.

Langkah keempat
Setelah batu dan minyak dingin, angkat dan lihatlah pada permukaan batu tersebut, apakah mengeluarkan jelly berwarna putih atau tidak. Untuk bahan Black Opal yang bagus atau bisa kita treatment selanjutnya, adalah bahan yang mengeluarkan jelly berwarna keputihan setelah proses penyiraman minyak kelapa panas ke bahan Batu Black Opal.

Langkah kelima
Setelah kita mengetahui bahan yang bisa kita treatment, lalu bersihkan badan batu dari minyak kelapa menggunakan kain lap, setelah itu jemur batu dibawah sinar matahari kurang lebih 1 jam, atau sampai sisa minyak kelapa menjadi kering.

Langkah-langkah diatas tadi adalah tahap awal untuk memilih batu yang bisa kita lanjutkan ke treatment atau tidak, sebab bahan yang bisa kita treatment dan berpotensi mengeluarkan jarong, adalah bahan yang mengeluarkan jelly keputihan pada permukaan badan batu. Sedangkan bahan yang tidak mengeluarkan jelly setelah dilakukan pemanasan tadi, itu adalah bahan yang tidak berpotensi mengeluarkan jarong. Jadi bisa dibilang, langkah diatas tadi adalah untuk menyeleksi atau menyortir bahan batu Black Opal yang layak atau tidak layak untuk di treatment.

Setelah anda melakukan langkah-langkah diatas, selanjutnya kita menuju tahap berikutnya, yaitu mulai treatment batu anda. Tahap-tahap yang harus anda lakukan adalah :

  1. Siapkan toples kaca atau wadah plastik bening lengkap dengan penutupnya.
  2. Masukan bahan Black Opal anda ke wadah tersebut di atas, lalu tuang minyak zaitun kedalam wadah hingga minyak menutupi atau merendam seluruh badan batu.
  3. Tutup rapat toples atau wadah tersebut, hingga udara tidak bisa masuk ke dalamnya.
  4. Simpan toples atau wadah berisi rendaman Black Opal tadi di tempat yang kedap cahaya dengan suhu ruangan.
  5. Keesokan hari, jemur rendaman Black Opal anda bersama wadah dibawah terik matahari kurang lebih 2 jam, antara jam 09-11 siang.
  6. Setelah kurang lebih dilakukan penjemuran, angkat dan simpan kembali rendaman batu dalam toples atau wadah, di tempat tanpa cahaya.
  7. Setiap satu minggu sekali, angkat batu dari wadah, kemudian gosoklah menggunakan amplas halus no. 800/1000, atau bisa menggunakan kulit.
  8. Selesai di gosok, lap batu tersebut menggunakan tisyu atau kain lap untuk membersihkan dari serbuk amplas, kemudian masukan kembali batu ke dalam wadah dan di tutup rapat.
  9. Lakukan langkah-langkah ini secara rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.
BACA JUGA :
KISAH MISTIS  BATU KALIMAYA
MENGENALI BATU OPAL PALSU
ROUGH BLACK OPAL KALIMAYA

Demikianlah langkah-langkah Cara mentreatment Black Opal Banten yang harus anda lakukan untuk mempercepat tumbuhnya kembang warna pada batu Black Opal Banten anda. Adapun cepat dan tidaknya kembang warna atau jarong muncul, tergantung dari kualitas bahan Black Opal yang anda treatment, dan tentunya juga dari keberuntungan anda. Adapun hasil dari treatment ini bisa di lihat hasilnya setelah 1 sampai 3 bulan. Selamat mencoba,,,,salam gemslover.

0 komentar:

Post a Comment