ASAL USUL BATU SUNGAI DAREH

By

Batu Sungai Dareh

Batu Sungai Dareh adalah batu batu mulia yang berwarna hijau muda tembus cahaya dengan bercak berwarna hiajau tua yang telah diuji geomologi, dan disimpulkan kalau kandungan yang terdapat pada batu ini berupa mineral atau batu mulia sejenis Indocrase/Indokras, atau disebut juga batu mulia Vesuvianate.

Batu akik sungai dareh memiliki keindahan tersendiri dibandingan batu akik lain yang banyak di temukan di berbagai daerah di Indonesia. Keindahan warna hijau dikombinasikan dengan serat yang seperti lumut di dalamnya, akan membuat siap yang memandang akan takjub, khususnya pada batu akik sungai dareh jenis kumbang jati.

ASAL USUL BATU SUNGAI DAREH

Pamor batu sungai dareh melejit sejak dua tahunan terakhir, khususnya setelah tersiar kabar transaksi sebuah cincin yang nilainya mencapai ratusan juta rupiah, yang konon dibeli pemuka setempat untuk diberikan kepada pemimpin negeri kita. Sejauh ini tidak banyak orang tahu asal muasal batu batu Sungau Dareh tersebut. Sayapun mengira batu tersebut berasal dari Sungai Dareh diperbatasan Provinsi Jambi dan Sumatera Barat yang pernah disurvey 40 tahun yang lalu.

Namun pada kenyataanya terungkap bahwa batu Sungai Dareh ternyata berasal dari suatu lokasi terpencil di Nagari Pasir Talang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Solok Selatan yang hutanya masih dibanyak dihuni oleh macan, ular piton, beruang pacet,lintah dll. Lokasinya tepat di Bukit Karang, dihulu anak cabang Sungai Kandi. Karena itulah masyarakat setempat termasuk Bupati Solok Selatan dengan sebutan batu Sungai Dareh dikarenakan batu tersebut ditemukan di Sungai Kandi yang masuk dalam wilayahnya.

Untuk lokasi Sungai Kandi bisa ditempuh dengan mobil dari Kota Padang ke jurusan Kota Padang Aro, Ibu Kota Solok Selatan selama 2 jam.

Mungkin bagi para penggemar batu yang belum tahu dari mana asal usul batu Sungai Dareh, disinilah pertama kali penambangan batu Sungai Dareh yang kita kenal batu dengan warna hijaunya yang indah. Semoga ini bisa menjadi pencerahan bagi para pecinta batu akik semua yang belum tahu tentang asal usul batu Sungai Dareh.

0 komentar:

Post a Comment