Cara agar burung bisa bersuara maksimal

By
Bagi para pecinta burung berkicau pasti menginginkan burung ocehan yang telah dibelinya segera memamerkan suara kicauan. Namun sayangnya keinginan tersebut tidak diiringi dengan teknik pemeliharaan yang tepat agar burung mau berkicau dengan rajin seperti yang diinginkan terutama pada awal pemberi harapan . Agar burung ocehan bersuara rajin dan semerdu yang kita inginkan ada beberapa langkah awal pemeliharaan yang dapat dilakukan yaitu sebagai berikut.

Cara agar burung bisa bersuara maksimal

Burung harus di sehatkan kondisi fisiknya terlebih dahulu

Tujuan utama kita memelihara burung tentunya adalah dengan mendengar suara kicauan burung dengan kualitas kontes. Sebaiknya saat setelah burung dibawa ke rumah, prioritas utama yang harus ditangani terlebih dahulu yaitu dengan menyehatkan kondisi burung. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan burung ocehan yang bisa kita lakukan diantaranya sebagai berikut:

  1. Gantangkan sangkar burung pada ketinggian maksimal.
  2. Letakan di lingkungan yang sejuk dan jauh dari tempat keramaian atau gangguan suara bising.
  3. Khusus untuk burung bakalan liar, berikan penutup atau kerodong untuk membantunya agar lebih tenang. Apabila ada, dekatkan burung dengan betinanya.
  4. Beri pakan hidup atau pakan segar seperti jangkrik dan kroto.
  5. Hindari memandikan burung hingga burung benar-benar terlihat segar.


Biarkan burung berkicau lepas sebelum kita jinakan



Tidak sedikit penggemar burung yang menempatkan sangkar burung nya di tempat yang rendah setelah membeli burung, begitu pula pada hari berikutnya tanpa mempertimbangkan kondisi burung yang masih bakalan liar atau anakan. Padahal tidak semua burung, khususnya burung ocehan bisa diperlakukan seperti itu. Perlakuan seperti ini bisa jadi dilakukan oleh hobbies karena dua hal yaitu:


  • Sudah menjadi kebiasaan para pecinta burung, walaupun hal ini kurang benar.
  • Dimaksudkan agar burung mudah jinak dan rajin berkicau.

Kedua pandangan yang kurang tepat tersebut diatas harus diubah, dan sebaiknya biarkan burung berkicau terlebih dahulu untuk selanjutnya baru dijinakkan. Dengan cara ini peluang burung ocehan untuk berkicau secara lepas dengan kemampuan terbaiknya akan lebih besar.

Jika dibuat jinak terlebih dahulu dan digantung di tempat yang rendah, kualitas kicauan burung ocehan tertentu seperti Anis Kembang, Anis Merah, Cucak Ijo, Cucak Rante, Branjangan, Decu, Tredekan, terlebih Cucak Rowo akan menjadi kurang memuaskan. Hal itu terjadi karena mental burung akan terlambat muncul karena terus tertekan oleh gangguan lingkungan di sekitarnya. Dan jika burung tersebut masih anakan, akan melekat terus sifat manjanya. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk membiarkan burung berkicau lepas terlebih dahulu di suatu tempat sebelum dijinakan. Disamping itu, janganlah membatasi waktu dalam proses untuk membuat burung berkicau lepas dan jinak. Inilah cara terbaik yang harus dilakukan oleh para pecinta burung yang menginginkan burung ocehan yang rajin berkicau dan memiliki kualitas burung kontes unggulan.

Semoga dengan pemahaman yang saya berikan di atas tadi, nantinya bisa anda terapkan sehingga burung-burung peliharaan anda bisa berkicau dengan lepas dan gacor sesuai apa yang di harapkan anda semua.

0 komentar:

Post a Comment