Batu akik kecubung serta jenisnya

By

Batu akik kecubung serta jenisnya

Batu akik kecubung merupakan batu yang banyak di buru oleh para penggemar batu akik di tanah air. Keindahan pada batu akik kecubung menjadi salah satu alasan para gemslover menginginkan batu akik ini. Namun ada juga sebagian orang yang memburu batu akik kecubung karena mitos yang terdpat pada batu ini, yang konon mempunyai energi supranatural.

Batu akik yang banyak di tambang di daerah kalimantan barat khususnya Pangkalan Bun ini adalah batuan yang mengandung mineral kuarsa atau jenis kristal heksagon yang merupakan unsur silika. Batu akik kecubung ini mempunyai tingkat kekerasan mencapai 7 pada skala mohs. Sehingga batu akik kecubung ini digolongkan dengan batu setengah mulia.

 Batu akik kecubung serta jenisnya

Batu akik kecubung sendiri mempunyai berbagai macam jenisnya yaitu batu kecubung wulung, batu kecubung es, batu kecubung citrine atau kuning, batu kecubung rambut,  batu kecubung tanduk, dan juga kecubung teh. Dari berbagai jenis batu akik kecubung tersebut, mempunyai tampilan yang berbeda. Namun biarpun banyak jenisnya, batu kecubung dari berbagai jenis ini semuanya sangat di minati oleh kalangan pecinta batu akik.

Adapun jenis-jenis batu akik kecubung yang diminati oleh para kolektor batu adalah adalah :
  • Batu akik Kecubung wulung : Batu ini berwarna hitam, namun batu ini berwarna ungu atau wulung apabila di sorot dengan cahaya senter. Keunikan pada batu ini adalah apabila badan batu cincin di tetesi dengan air akan menggumpal seperti pada daun talas. Batu akik kecubung wulung mempunyai nilai kekerasan yang cukup tinggi yaitu 7 pada skala mohs. Selain di gunakan sebagai perhiasan, batu akik kecubung juga di percaya memiliki energi supranatural.
  • Batu akik Kecubung es : Batu jenis ini mempunyai tampilan putih seperti warna batu es atau rock crystal. Itulah mengapa batu ini dinamakan batu kecubung es. Batu kecubung es ini selain warna yang unik, batu ini juga konon banyak dicari para kolektor batu akik, karena batu ini mengandung energi supranatural.
  • Batu akik Kecubung cytrine atau kuning : Menampakan batu kecubung ini adalah kristal kekuningan, dari warna kuning muda sampai kuning keemasan. Kualitas batu kecubung citrune di lihat dari kejernihan dan kekristalan, kepekatan cahaya serta kilau luster yang ada dalam batu tersebut. 
  • Batu akik Kecubung rambut : Batu ini mempunyai tampilan bening dengan kolaborasi serat keemasan menyerupai rambur atau jarum yang bergerombol yang terdapat dalam badan batu. Jenis ini mempunyai keunikan tersendiri dikarenakan tampilannya yang khas tersebut. Batu ini banyak di buru para kolektor batu, karena jenis batu kecubung rambut merupakan jenis batu akik kecubung yang langka dibandingkan dengan jenis kecubung lainnya.
  • Batu akik Kecubung teh : Jenis batu kecubung yang satu ini mempunyai tampilan yang unik menyerupai teh, yaitu dengan warna bening kecoklatan. Namun juga terdapat warna coklat agak gelap pada warna batu kecubung teh ini. Batu kecubung teh juga termasuk jenis kecubung yang langka, sehingga banyak kolektor batu yang memburunya.
  • Batu akik Kecubung tanduk :  warna yang terdapat pada batu kecubung jenis ini adalah dominann hitam mengkilat, namun apabila terkena cahaya atau di senter, akan terlihat warna hitam kecoklatan dengan serat halus yang menakjubkan.
Itulah ulasan mengenai batu akik kecubung tanduk serta jenisnya, semoga bisa menambah wawasan bagi anda para pencinta batu akik dan batu permata. Jangan lupa baca juga : Batu tapak jalak dan mitosnya, Batu akik mustika merah delima, serta Macam dan jenis batu akik yang paling banyak diminati, untuk menambah wawasan anda tentang batu akik Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment