Pusat Batu Akik Dan Batu Permata Jakarta Gems Center Rawa Bening

By

Pusat Batu Akik Dan Batu Permata Jakarta Gems Center Rawa Bening

Pusat batu akik dan batu permata Jakarta Gems Center Rawa Bening adalah pasar batu terlengkap dan menjadi pusat pasar batu terbesar, bukan hanya di Indonesia, tapi juga terbesar di Asia Tenggara sekarang ini. Ditempat ini berbagai macam batu akik dan batu mulia  yang di perjual belikan. Bukan hanya berbagai macam batu yang ada di tempat ini, tapi tempat ini juga terdapat kios-kios yang menjual berbagai macam barang-barang antik dan benda-benda bersejarah.

Pusat Batu Akik Dan Batu Permata Jakarta Gems Center Rawa Bening

Sebelum menjadi Jakarta Gems Center, dahulu tempat ini terkenal dengan nama pasar Batu  Aji Rawa Bening. Pasar yang berada persis didepan stasiun kereta Jatinegera ini sudah terkenal sejak tahun 1980-an. Pada masa itu, pedagang di sini tidaklah begitu banyak, hanya kisaran 20 lapak. Namun seiring dengan perkembangan seni batu, pasar Rawa  Bening semakin ramai. Terbukti pada tahun 1990-an, pedagang dan juga kios batu akik di Rawa Bening bertambah banyak seiring dengan semakin ramainya transaksi jual beli batu akik dan batu mulia, serta benda-benda antik.

Melihat perkembangan serta semakin ramainya transaksi yang ada di Pasar Batu Rawa Bening ini, pemprov DKI kemudian membangun dan memperbesar Pasar Rawa Bening menjadi pasar batu modern dengan membangun sebuah gedung yang mempunyai kapasitas hingga 1000 kios. Hingga akhirnya nama Pasar Rawa Bening berganti nama menjadi JGC (Jakarta Gems Center).

Di Jakarta Gems Center Rawa Bening, berbagai batu akik dan batu permata tersedia di tempat ini. Batu yang diperjual belikan di tempat ini tidak hanya dari batu lokal, namun juga batu dari luar negeri. Selain itu, disini juga terdapat beberapa laboratorium gemologi yang siap untuk memeriksa batu, kemudian juga kios-kios poles batu, danjuga jasa ikat battu. Keberadaan yang menjadi satu gedung, membuat pembeli dan juga pedagang batu tidak usah repot-repot untuk membuat batu cincin dan memeriksa keaslian batu yang dibelinya.

Batu yang diperjual belikan disini mulai dari bahan atau rough, batu cincin, liontin, gelang, gesper, dan juga  asesoris lainya yang terbuat dari batu. Untuk batu-batu yang diperdagangkan di Jakarta Gems Center ini mempunyai harga yang bervariasi, mulai dari 10 ribu/batu cincin, hingga milyaran rupiah untuk satu mata cincinya. Sedangkan untuk varian batu yang tersedia di sini, mulai dari batu akik sampai batu permata.

Pengunjung di Jakarta Gems Center, tidak hanya dari wilayah Jakarta dan sekitarnya saja, namun juga dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan dari mancanegara. Dengan maraknya batu pada akhir-akhir ini, membuat Jakarta Gems Center tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan sekarang di di sekitar gedung JGC juga banyak dibangun lapak-lapak penjual batu.

0 komentar:

Post a Comment