CARA MEMBEDAKAN BATU AKIK ASLI DAN PALSU

By

 CARA MEMBEDAKAN BATU AKIK ASLI DAN PALSU

Sekarang ini batu akik atau batu mulia sedang menjadi trend dan primadona. Yang dahulunya pemakai batu kik identik dengan orang tua dan juga pejabat, namun sekarang ini hampir semua kalangan baik itu yang muda dan yang tua, bahkan wanita pun ikut memakai batu akik. Kalau dulunya batu akik identik dengan klenik, tetapi untuk trend sekarang pemakaian batu akik digemari karena keindahanya. Apalagi sekarang banyak sekali varian batu akik yang bisa kita pilih sesuai kesukaan kita.

CARA MEMBEDAKAN BATU AKIK ASLI DAN PALSU

Batu akik sekarang ini harganya memang sangat fantastis, kita tahu batu akik yang bagus harganya bisa mencapai milyaran rupiah. Karena banyaknya peminat batu akik, membuat penjualan batu akik terus meningkat. Bahkan karena peningkatan penjualan dan juga harga yang relatif tinggi, tak jarang ada oknum yang memalsukan batu akik. Bagi penggemar batu pemula atau masih awam wajib mengetahui ciri-ciri batu akik asli dan batu akik palsu.

Oleh karena itu saya berbagi tips cara membedakan batu akik asli dan palsu, dengan tujuan agar anda, khususnya para pemula penggemar batu terhindar dari penipuan. Bagi para master gemslover, pastinya sudah tahu mana batu akik yang asli dan mana yang palsu. Dan berikut Cara membedakan batu akik asli dan palsu :
  1. Batu akik asli mempunyai serat didalamnya sehingga akan terlihat retak , warnanya juga redup terutama yang masih bahan. Lain apabila batu telah dipoles dengan sempurna. Sedangkan batu akik palsu tidak memiliki serat didalamnya hingga akan terlihat lebih terang. Saya sarankan gunakanlah kaca pembesar atau lup untuk mengamati batu akik, agar terlihat dengan jelas perbedaanya.
  2. Batu akik asli apabila disorot menggunakan cahaya, akan terlihat memiliki noda. Kalau yang palsu kelihatan bersih tanpa noda.
  3. Batu akik asli bobotnya akan lebih berat dubandingkan dengan batu akik palsu. Namun kabarnya sekarang batu akik sintetik palsu juga yang sama beratnya.
  4. Cara paling gampang membedakan batu asli atau batu palsu, yaitu dengan cara menggigit, membakar, atau membanting batu tersebut. Bila batu asli dia akan lebih kuat dan tidak akan pecah.
  5. Menggoreskan batu pada kaca, kalau kaca yang tergores maka itu batu asli. Namun bila kaca tidak tergores itu batu palsu.
  6. Bawalah ke laboratirium untuk diuji keaslianya apabila anda masih ragu dengan keaslian batu, apalagi batu yang berharga mahal.
  7. Akan lebih baik kalau anda membeli batu yang bersertifikat dari laboratorium geimolog, karena bisa menjamin keaslian batu anda.
Itulah beberapa Cara membedakan batu akik asli dan palsu agar anda terhindar dari penipuan, apa lagi kalau harga batu tersebut mahal. Baca juga Mengenali Batu Opal palsu untuk menambah wawasan anda tentang batu mulia.Semoga bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan tentang batu. Salam gemslover

0 komentar:

Post a Comment