CARA MEMILIH BATU BLACK OPAL KALIMAYA BERKUALITAS

By

CARA MEMILIH  BATU BLACK OPAL KALIMAYA BERKUALITAS

Memilih batu akik yang akan kita jadikan koleksi tentunya haruslah yang berkualitas. Namun untuk bisa mendapatkan batu yang mempunyai kualitas tinggi tidaklah mudah, seperti pada jenis batu akik Black Opal yang berasal dari Banten misalnya. Selain harganya mahal, keberadaan batu yang berkualitas bagus pun biasanya tak sebanyak batu yang masih berbentuk bongkahan atau belum mengeluarkan jarong.

Batu Kalimaya hitam atau yang disebut Black Opal Kalimaya ini merupakan batu yang digemari oleh kalangan pecinta batu. Di Indonesia batu Black Opal banyak ditemukan didaerah Lebak Banten. Tempat ini kaya akan kandungan silika dan kuarsa. Struktur dan tekstur batu yang terbentuk di suhu rendah ini umumnya memiliki retakan-retakan disekelilingnya.

Oleh karenanya, batu Black Opal ini masuk ke dalam kategori batuan yang cukup lunak, dengan kekerasan antara 5,5 hingga 6,5 pada skala mohs. Dari berat keseluruhan batu Black Opal, 6 hingga 10% adalah berupa air. Ini sangat berbeda dengan Batu Bacan Doko dan Palamea, atau Indocrase Solar Aceh dan Indocrase Lumut Aceh yang memiliki kekerasan antara 7 hingga 7,5 pada skala mohs. Dengan tekstur lembut, maka perawatan batu Black Opal ini berbeda dengan perawatan batu akik/mulia lainya.

CARA MEMILIH  BATU BLACK OPAL KALIMAYA BERKUALITAS

Kecantikan Batu Black Opal apabila batu ini terpapar sinar atau cahaya. Batu Black Opal akan mengeluarkan pendar cahaya warna-warni yang mengagumkan. Cahaya ini bisa disebut Jarong atau Kembang. Warna pada Batu Black Opal tergantung dari daerah atau lingkungan dimana batu ini terbentuk. Untuk warna pada batu ini biasanya adalah warna putih, abu-abu, jingga, kuning terang, orange, merah, biru, coklat, ungu, magenta, merah rose, hijau dan hitam.

Selain warna merah, warna yang banyak digemari oleh kalangan pecinta batu ialah opal yang memancarkan warna ungu dan biru yang terang. Warna ini digemari karena dianggap warna yang cantik namun masih cukup langka ditemukan pada batu Black Opal.

Ciri-ciri batu Black Opal yang bagus atau Black Opal Kalimaya yang berkualitas adalah :
  • Berwarna hitam legam, sesuai dengan namanya.
  • meskipun batu ini kekerasanya hanya 5,5- 6,5 mohs, tapi batu ini tidaklah rapuh dan tetap padat. Maka carilah rough atau mata cincin yang kelihatan padat.
  • Black Opal Kalimaya yang bekualitas bagus memiliki warna yang komplit serta mengeluarkan warna seperti berlian.
  • Serat batu halus, dan tidak terlihat bagian permukaanya.
  • Bila digosok dengan amplas, residu Black Opal tidak berwarna hitam.
  • Permukaan Black Opal Kalimaya yang bagus akan terlihat mengkilap seperti porselen atau keramik.
Cara membedakan Black Opal asli dan Palsu
Dikarenaka Black Opal banyak dipalsukan, maka anda harus bisa membedakan mana batu Black Opal yang asli dan yang palsu. Dan berikut adalah ciri-cirinya :
  1. Meskipun tergolong jenis batu mulia yang lunak, Batu Black Opal tahan terhadap pembakaran dalam suhu     tertentu.
  2. Batu Black Opal asli akan kalis terhadap bahan kimia seperti cat ataupun minyak. Untuk membuktikan batu Black Opal asli, anda bisa menggunakan minyak. Apabila cat tersebut kalis, maka itu Black Opal asli.
  3. Batu Black Opal mempunyai serat
  4. Berat jenis batu berbeda dengan plastik dan kaca. Batu Black Opal yang asli memiliki berat sesuai dengan besarnya.
  5. Cek ke laboratorium gemstone, apabila masih ada keraguan untuk mengecek kadar kandungan mineral yang terdapat pada Batu Black Opal.
Demikianlah tips memilih Cara memilih Black Opal Kalimaya berkualitas, serta cara membedakan batu Black Opal asli atau palsu. Semoga ulasan pada kali ini bisa membantu anda yang akan membeli batu tersebut, sehingga nantinya anda bisa mendapatkan BO yang berkualitas.

0 komentar:

Post a Comment