Cara ekstrim treatment batu Black Opal

By

Cara ekstrim treatment batu Black Opal

Keindahan serta pesona batu black opal, menjadikan batu yang berasal dari privinsi Banten ini menjadi buruan bagi para pecinta batu di Indonesia.  Bukan hanya pecinta batu di tanah air saja yang memburu batu black opal ini, akan tetapi batu ini juga sangat diminati pecinta batu dari luar negeri.

Tak heran bila black opal menjadi primadona dikalangan pecinta batu akik, dikarenakan batu ini memiliki kemampuan memancarkan pindar cahaya warna warni. Dan dari sekian banyak batu jenis opal yang dihasilkan di beberapa negara di dunia, batu black opal banten kabarnya menjadi batu jenis opal yang terindah.

Kindahan warna yang di timbulkan oleh batu black opal Banten inilah yang membuat kebanggaan dan kepuasan tersendiri bagi pemiliknya. Akan tetapi apabila kita ingin mendapatkan batu black opal dengan kualitas bagus yang sudah tumbuh kembang jarong, kita harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit sedikit untuk memilikinya. Oleh karenanya, banyak orang yang membeli batu black opal yang masih dalam bentuk bongkahan/rough yang belum mengeluarkan kembang jarong. Dikarenakan bongkahan/rough yang belum keluar kembang jarong, harganya lebih murah dan juga lebih mudah didapatkan.

Namun, dengan membeli bahan black opal yang belum mengeluarkan jarong, perlu ada usaha agar batu akik tersebut bisa ditumbuhi warna jarong. Banyak orang melakukan berbagai cara agar batu black opal kesayanganya cepat mengeluarkan jarong warna. Namun tidak sedikit pula yang mengalami kegagalan untuk mengeluarkan warna jarong pada batu yang satu ini.

Faktor kegagalan dalam usaha untuk menumbuhkan jarong pada batu black opal di sebabkan beberapa hal, diantaranya karena bahan yang di treatment kurang bagus atau tidak mempunyai bibit jarong, kurangnya pengetahuan dalam cara treatment batu black opal, dan juga kurangnya kesabaran dan ketekunan dalam melakukan treatment batu black opal.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mentreatment black opal anda agar mengeluarkan jarong. Diantaranya dengan melakukan perendaman pada air hujan, perendaman dengan minyak, dihangatkan dengan suhu tertentu, bahkan dengan cara ekstrim yang akan kita bahas pada kali ini yaitu dengan pembakaran.

Namun sebetulnya saya tidak menganjurkan untuk melakukan dengan cara ekstrim ini dikarenakan keberhasilan dengan cara ini antara 30-40% saja, dan sisanya mengalami kegagalan. Mungkin anda bertanya kenapa saya share cara ekstrim ini...?, yang mungkin justru akan merugikan anda. Jawaban saya pertama, saya ingin berbagi pengalaman agar para pecinta batu, khususnya black opal bertambah wawasan. Yang kedua, mungkin saja cara ini bisa digunakan sebagai cara alternatif bagi anda yang selalu mengalami kegagalan dalam usaha treatment batu black opal. Namun saya anjurkan kepada anda untuk melakukan treatment menggunakan minyak yang bisa anda baca di cara treatment black opal Banten yang sudah di ulas sebelumnya.

Untuk melakukan treatment batu black opal dengan pembakaran, ada 2 cara yaitu dengan media lilin dan juga bara api dari arang. Namun sekali lagi saya pribadi tidak menganjurkan menggunakan cara ini, mengingat cara ini sebagai cara alternatif saja. Di karenakan apabila kita gagal, maka batu black opal yang kita treatment menggunakan cara ini, justru bibit jarongnya akan mati.

Lalu bagaimanakah cara ekstrim treatment black opal Banten ini??. Berikut adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan:

Cara ekstrim treatment batu Black Opal


1. Treatment black opal dengan pembakaran menggunakan api lilin
  1. Siapkan bahan black opal yang sudah di kupas lumpur atau abu dari permukaanya, kemudian amplas sampai permukaan batu halus.
  2. Jemur batu setelah di beraihkan dan di amplas di bawah terik matahari 1 hari agar kadar air berkurang.
  3. Siapkan lilin sebagai media pmbakaran, minyak kelapa atau sejenisnya, dan tang atau alat penjepit lainya.
  4. Setelah semua siap, lumuri badan batu menggunakan minyak kelapa sampai merata.
  5. Nyalaka lilin, kemudian jepit batu menggunakan tang kemudian batu mulai dibakar diatas api lilon tersebut.
  6. Proses pembakaran harus dibolak balik agar panas merata
  7. Setelah kurang lebih 2 menit proses pembakaran, angkat batu dari api, kemudian letakan di tempat anti panas untuk menunggu dingin.
  8. Setelah batu menjadi dingin, anda bisa lihat hasilnya.
  9. Apabila belum berhasil mengeluarkan titik jarong, ulangi proses nomer 4, 5, 6, 7, 8 Sampai beberapa kali.
Namun apabila sudah beberapa kali langkah diatas dilakukan tidak juga menampakan hasil, dipastikan black opal tidak berpotensi keluar jarong.

Cara ekstrim treatment batu Black Opal


2. Treatment black opal dengan pembakaran menggunakan arang
  1. Siapkan bahan black opal, baik yang sudah di buang lumpur maupun yang masih tertutup lumpur.
  2. Jemur di bawah terik matahari 1 hari untuk mengurangi kadar air.
  3. Siapkan arang untuk prosea pembakaran, bisa arang batok kelapa maupun arang kayu.
  4. Siapkan alumunium foil untuk membungkus batu black opal pada saat pembakaran.
  5. Siapkan minyak kelapa untuk melimuri badan batu.
  6. Setelah semua siap, nyalakan bara api.
  7. Lumuri badan batu dengan menggunakan minyak kelapa yang sudah disiapkan secara merata.
  8. Bungkus batu dengan menggunakan alumunium foil, apabila batu masih terdapat lumpur diluarnya tidak usah dibungkus dengan alumunium foil.
  9. Masukan batu yang di bungkus alumunium foil.
  10. Tunggu hingga kurang lebih 5 menit dalam proses pembakaran, sambil membolak balik batu agar panas merata.
  11. Angkat batu setelah pembakaran dirasa cukup, kemudian diamkan hingga batu dingin, lalu lihat hasilnya.
  12. Ulangi proses nomer ,7 ,8, 9, 10, 11 apabila belum menampakan hasil.

Nah itulah proses-proses yang harus dilakukan dengan cara ekstrim treatment batu black opal. Adapun berhasil dan tidaknya melakukan treatment tersebut tergantung dari kualitas bahan, serta keberuntungan anda sekalian.

0 komentar:

Post a Comment