Ciri-ciri Bahan Batu Bacan Yang Berkualitas Baik

By

Ciri-ciri Bahan Batu Bacan Yang Berkualitas Baik

Buat anda pecinta batu, tak lengkap rasanya mengoleksi batu mulia dan batu akik tanpa batu bacan. Di karenakan batu bacan sekarang ini menjadi incaran oleh hampir pecinta batu. Akan tetapi untuk sekarang ini, banyak sekali penjual bahan batu bacan berkualitas rendah. Agar anda tidak salah memilih, ada baiknya anda ketahui ciri-ciri bahan batu bacan yang berkualitas baik

Dikarenakan harga batu bacan yang tergolong tinggi, banyak para penggemar batu pemula akhirnya memilih membeli bahan atau bongkahan batu bacan muda, yang relatif lebih murah harganya.
Akan tetapi tak jarang bagi mereka yang membeli bahan batu bacan merasa kecewa, karena bahan batu bacan yang mereka beli menjadi rusak bahkan hancur pada saat di poles. Ini dikarenakan kurang ketelitian dalam membeli bahan batu bacan. Kita boleh saja membeli harga murah, tapi juga berkualitas baik.

Disaat sekarang ini, banyak penjual batu bacan dengan kualitas rendah, bahkan kualitas buruk di pasaran. Walaupun harga yang mereka tawarkan cukup murah, tetapi kalau kita tidak bisa menilai kualitas bahan, akhirnya kita hanya akan mbuang-buang uang hanya demi mendapatkan batu bacan. Apalagi di tambah minimnya pengetahuan kita menilai bahan batu bacan yang berkualitas baik seperti apa.

Buat anda yang belum terlanjur membeli bahan batu bacan, ada baiknya anda kenali dan pahami dahulu kialitas bahan batu bacan yang anda beli. Jangan pernah tergiur harga murah, yang terpenting juga kualitas. Akan lebih baik, membeli harga murah tapi dengan kualitas baik.

Ciri-ciri Bahan Batu Bacan Yang Berkualitas Baik

Buat anda yang belum tahu seperti apa bahan batu bacan berkualitas, berikut saya akan berbagi dengan anda mengenai ciri-ciri bahan batu bacan yang berkualitas baik.

Lihatlah bahan di waktu kering 
Kebanyakan penjual menjajakan bahan batu bacan daganganya dengan merendam batu, ini adalah trik para pedagang untuk mengelabuhi para pembeli agar dagangan batu mereka terlihat bagus dan padat. Namun anda jangan terkecoh, anda bisa lap terlebih dahulu supaya batu kering agar bisa melihat dengan jelas serat serta corak batu. Akan lebih baik apabila anda membeli bahan batu bacan dalam keadaan tidak terendam/kering.

Lihat tingkat kristalisasi
Untuk dapat melihat kristalisasu pada batu, anda bisa menggunakan lup atau kaca pembesar, maupun senter. Bahan dengan kristalisasi baik, biasanya akan terasa lebih berat dan juga padat bila di lihat pada waktu kering.

Kenali bahan batu bacan muda
Bahan batu bacan yang masih sangat muda, akan tergores serta akan terangkat serpihan batu saat kita garuk menggunakan kuku kita.

Kenali Bahan batu bacan berkapur
Untuk bahan batu bacan yang masih banyak mengandung kapur, biasanya warna pada batu akan terlihat lebih muda. Kalau bahan batu bacan yang bagus berwarna hijau atau biru tua atau kontras, untuk batu bacan kapur biasanya warnanya lebih hijau muda atau biru muda.

Kenali bahan batu bacan berkarang
Bahan batu bacan karang biasanya adalah lapisan terluar atau kulit batu bacan, walapun batu bacan bisa bermetamorfosis, tapi untuk merawat karang pada batu akan lebih lama dibandingkan dengan merawat batu bacan muda.

Hindari tali air warna bening
Tali air yang berwarna bening pada batu akan mengurangi keindahan batu bacan. Untuk melihat batu tanpa tali air bening bisa menggunakan senter.

Pada intinya, ciri-ciri bahan batu bacan yang bekualitas baik adalah, bahan yang padat dan berbobot, warna kontras, tidak keropos, tanpa karang atau minim karang, tanpa tali air bening. Tanpa crack/terlihat retak, walaupun masih banyak kehitaman, dan belum sepenuhnya tembus cahaya pada bahan tersebut.

Untuk anda yang sudah terlanjur membeli bahan batu bacan dengan kualitas rendah, jangan berkecil dahulu. Anda bisa baca Cara treatment batu bacan agar cepat mengkristal. Baca juga tentang Sejarah batu bacan serta Batu bacan Doko dan Palamea untuk menambah wawasan tentang batu bacan.

Demikianlah cara untuk mengetahui ciri-ciri bahan batu bacan yang berkualitas baik. Semoga dengan membaca artikel ini, bisa mendapatkan bahan batu bacan yang anda inginkan.

0 komentar:

Post a Comment