BATU ANGGUR API LAMPUNG

By

BATU ANGGUR API LAMPUNG

Batu Anggur Api Lampung, batu ini tergolong baru dalam perbatuan Indonesia, namun fenomena yang menakjubkan dari batu ini, membuat batu ini banyak diburu oleh pecinta batu di Lampung, bahkan pecinta batu luar daerah Lampung.

Batu yang ditemukan pada sungai Ketibung, desa Mulyasari, kecamatan Sungai Kadu, kabupaten Way Kanan ini mempunyai kekerasan 6,5 - 7 pada skala mohs. Secara visual Batu Anggur Api Lampung ini memiliki warna yang cukup tajam dan menawan , hingga siapapun yang memakainya tidak terbatas usia atau jenis kelamin, akan terlihat pantas dan serasi.

Keindahan batu asal Lampung ini akan terlihat lebih menakjubkan bila terkena cahaya, baik itu cahaya lampu maupun sinar matahari, karena munculnya klep air yang akan terlihat jelas menari-nari dalam badan batu. Anehnya, batu ini akan terlihat fenomena cat eyes pada saat kondisi baru selesai digosok, dalam keadaan lose stone atau belum dipakaikan ikatan batu.

BATU ANGGUR API LAMPUNG

Warna-warna terang dengan efek kristal yang sangat ekstrim, menjadi pemandangan yang indah pada batu yang tergolong batu jenis Chalcedony ini. Beragam varian warna pada batu jenis Chalcedony ini, tampak warna-warna cerah mendominasi varian colour seperti warna orange, warna kuning, warna bening semi keputihan atau colourless. Warna-warna ini semua tampak sangat indah dengan luster yang menghiasi batu asal Way Kanan, Lampung ini.

Warna orange, dimana warna ini menyerupai warna pada jeruk Mandarin yang merata diseluruh badan batu dengan fenomena luster yang sangat tajam. Biasanya sebelum dipadu dengan ikatan cincin, batu ini akan nampak fenomena cat eye atau mata kucing, namun yang lebih menarik dari varian ini adalah ketika sudah dipadu dengan ikatan batu bermangkok, maka akan tampak timbul luster yang menyebar seperti lidah api yang menari-nari didalam badan batu. Batu Anggur Api dengan warna orange ini, termasuk yang paling banyak diminati oleh para pemburu batu mulia.

Warna berikutnya yaitu kuning, dimana warna ini menjadi warna unggulan kedua dari Batu Anggur Api Lampung. Warna kuning yang terlihat segar dan penuh keceriaan, karena warnanya yang kuning cerah dengan gradasi kuning warna kuning yang kental ini, termasuk salah satu warna yang paling banyak ditemukan pada batu jenis Chacedony asal Lampung ini. Seperti halnya pada warna orange, si kuning ini juga mempunyai efek  luster yang sangat luar biasa. Dengan dipadu ikatan cincin bermangkok, warna kuning pun aka mengeluarkan lidah api yang menari-nari, terlebih pada saat terkena cahaya.

Warna terakhir adalah warna bening keputihan, seperti daging kelapa muda. Batu warna ini paling banyak ditemukan dibandingkan dengan warna orange dan kuning. Namun warna yang putih soft ini sangat digemari dikalangan pecinta fashion, juga kalangan remaja, hingga ibu-ibu yang memiliki jiwa riang dan minimalis. Batu ini akan nampak elegan bagi si pemakainya apalagi warna bening putih ini tidak kalah fenomenanya dengan warna Anggur Api lainya.

Ciri khas dari batu Anggur Api lampung adalah akan terlihat jelas luster yang tajam apabila terkena cahaya, baik cahaya lampu maupin cahaya matahari. Sekilas batu ini akan mirip dengan Batu Fire Opal Wonogiri, namun perbedaanya adalah pada kelas jenis batu. Dimana Batu Fire Opal Wonogiri dimana batu ini adalah batu jenis opal, sedangkan Batu Anggur Api Lampung adalah jenis batu Chalcedony.

Selera adalah salah satu faktor dalam memilih jenis batu untuk perhiasan, tentunya banyak colour menjadi pilihan para gemsfashion masing-masing. Jadi anda bisa memilih warna dengan alasan apapun, seperti hoki ataupun keberuntungan, dan bisa jadi karena kontras warna yang menarik hati. Semoga batu Anggur Api ini akan dapat meramaikan market batu Indonesia, setelah Batu Bacan Doko dan Palamea, Ijo Garut, Akik gambar, Lumut Aceh, Red Baron Pacitan, Indocrase Solar Aceh, Sungai Dareh, Biru Langit Baturaja, Badar Besi merah Kebumen, Red Rafleshia Bengkulu dan yang lainya.


2 comments:

  1. anggur api lampung sampai saat ini masih menjadi incaran pencinta batu cincin dari luar pulau sumatra, mau tau info lain tentang batu dari kabupaten way kanan lampung ? kunjungi situsku ya

    batulampung.com

    thanks om admin

    ReplyDelete
  2. Anonymous8/31/2015

    sama sama om bos,,,:)

    ReplyDelete