Mengenal burung bultok

By
Burung bultok (linear barcode) atau yang juga dijuluki sebagai burung "Buto" karena burung ini merupakan burung yang sangat doyan makan. Nama bultok sendiri sebenarnya diambil dari suaranya yang terdengar "bulldog,, bulldog,, bulldog". Secara fisik bentuk tubuh bultok terlihat kurang menarik yang menyerupai berupa seperti wortel besar terbalik, dan hanya diminati penggemar burung kalangan bawah. Di samping itu, burung ini terlihat aneh juga agak menakutkan. Mata bultok selalu menatap tajam atau melotot dan parahnya terlihat besar.

Mengenal burung bultok

Daya tarik dan habitat bultok

Habitat burung bultok di alam adalah hutan sekunder dan terbuka yang terpencil dari pemukiman penduduk. Hidupnya di alam liar soliter, namun juga terkadang terlihat berpasangan. Untuk pakan alami burung bultok yaitu jenis serangga besar, dan buah-buahan.

Daya tarik yang terdapat pada burung bultok yaitu jika sudah rajin berkicau, suara bultok akan terdengar lebih khas. Sedangkan daya tarik lainnya yaitu, walaupun tidak cerah, warna bulunya yang bercorak juga beragam. Namun burung ini juga mempunyai kelemahan, di mana penampilannya seperti burung bodoh dan cenderung keras dibandingkan dengan burung lain yang berukuran sama, misalnya beo yang porsi makan bultok lebih banyak.

Tips untuk pemeliharaan burung blorok akan lebih baik dipelihara jika dalam kandang besar dan berpasangan dengan kondisi tersebut maka burung ini akan memudahkan pemiliknya menikmati daya tariknya yang khas.

0 komentar:

Post a Comment