Daya tarik burung beo

By
Tidak seperti burung ocehan lainnya, burung beo merupakan salah satu burung yang tergolong pintar karena bisa menirukan berbagai macam suara, termasuk suara manusia. Oleh karena itu burung ini banyak diminati karena keunikannya tersebut. Burung ini bisa dilatih mengikuti suara atau perkataan manusia. Hingga kicauan burung ini akan terdengar lucu dan juga unik dibandingkan dengan burung lainnya.

Daya tarik burung beo

Burung beo sendiri oleh masyarakat Sumatera utara biasa disebut dengan Jalak genggong, atau burung tiung. Warna bulu burung yang memiliki pial bagian atas kepalanya ini didominasi warna hitam. Burung ini tergolong burung yang pintar, bukan saja bisa mengikuti suara manusia, namun gerakan-gerakannya juga lucu dan menggemaskan. Adapun jenis beo lain adalah beo putih yang berasal dari Kalimantan dan juga beo yang berasal dari Irian.

Penyebaran burung beo di seluruh pulau Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Saat ini keberadaan beo Sumatra bisa dikatakan cukup langka terutama beo asal Pulau Nias, Pulau Babi, Tuangku, dan bangkaru. Beo tersebut sering disebut dengan beo Nias (gracula religiosa robusta) yang memiliki ukuran tubuh paling besar dan paling cerdas. Kepintaran beo Nias hanya dapat disaingi beo asal Tasikmalaya walaupun tubuhnya terbilang kecil seperti beo dari Sumatera Selatan. Di Indonesia bagian timur ada juga jenis beo, meskipun hanya memiliki suara melengking tetapi tidak bisa diajari mengoceh seperti suara manusia.


Habitat dan kebiasaan hidup beo

Habitatnya berupa pinggiran hutan dan perkebunan penduduk. Secara umum beo hidup berkelompok, dan terkadang berpasangan. Burung beo suka bersarang di kayu berlubang atau diatas pohon kelapa yang terputus dan masih cukup tinggi, namun tidak jarang juga burung beo ditemukan bersarang di dalam lubang yang cukup dalam dipinggiran parit besar. Sedangkan pakan alami nya yaitu berupa buah-buahan dan juga serangga jenis besar.

Karakter yang terdapat pada burung beo ini yaitu burung yang penurut dan mudah untuk digunakan sedangkan daya tariknya yaitu bisa dilatih bicara layaknya seperti manusia atau juga bisa menirukan suara burung tertentu lainnya namun burung ini juga mempunyai kelemahan diantaranya bisa mati mendadak dengan berbagai sebab.

Tips khusus pemeliharaan burung ini sebaiknya dipelihara dalam kandang atau sangkar yang berukuran besar, karena tubuhnya yang cukup besar dan suka bergerak serta terbang.

Baca juga:

0 komentar:

Post a Comment