Cara memelihara dan merawat kelinci agar tetap sehat

By

Cara memelihara dan merawat kelinci agar tetap sehat

Buat anda yang memelihara kelinci harus tau cara memelihara dan merawat kelinci kesayangan anda agar selalu sehat. Karena perlu di ketahui bahwa binatang lucu ini sangat rentan terhadap penyakit yang bisa membuatnya mati. Bukan hanya rentan dengan penyakit, kelinci juga rawan terkena stres yang bisa mengakibatkan kematian pada binatang ini.  Dengan pemeliharaan dan juga rawatan yang benar, maka kelinci anda akan selalu sehat sehingga bisa menemani kita dengan kelucuannya.

merawat dan memelihara kelinci agar sehat

Untuk memelihara dan merawat kelinci ada beberapa hal yang harus dilakukan diantaranya yaitu :

Makanan kelinci
Kita tahu makanan kegemaran kelinci yaitu berupa sayuran dan juga jenis umbi seperti kangkung, sawi, wortel, kol, dan sebagainya. Hindarkan pemberian pakan pada kelinci sayuran dengan kadar air yang rendah. Karena dengan kadar air yang rendah, di khawatirkan asupan cairan untuk kelinci bisa berkurang. Akibatnya kelinci dengan kurang asupan cairan akan mudah mengalami stres. Karena kita tahu bahwa hewan lucu ini tidak minum air.

Perawatan kandang
Merawat kandang kelinci dengan selalu menjaga kebersihannya. Buanglah kotoran setiap saat, bila perlu kandang di cuci menggunakan air bersih dan sabun kemudian di keringkan dengan cara di jemur di bawah terik matahari hingga kering.
Hindarkan penempatan kandang kelinci pada suhu yang lembab, agar kelinci menjadi sakit karena udara yang dingin.

Hindari memegang kelinci terlalu sering
Terkadang kita sebagai pemilik kelinci merasa gemas dan ingin memeluk ataupun memegang-megang hewan ini. Sangat tidak disarankan memegang daun telingga kelinci dengan cara menentengnya. Hal ini justru bisa mengakibatkan kelinci menjadi stres dan berakibat kematian, apalagi bila kelinci tersebut baru dibeli karena butuh waktu agar kelinci bisa beradaptasi dan mengenali kita.

Jangan memelihara kelinci sendiri
Apabila anda berniat memelihara kelinci atau sudah memiliki kelinci, peliharalah minimal 1 pasang. Jangan biarkan kelinci di pelihara sendirian, karena kelinci yang di pelihara sendiri akan mengalami stres sehingga bisa cepat mati.
Hindarkan kelinci dari suara gaduh
Kelinci akan mengalami stres pada suara-suara yang bising dan terlalu keras. Hal ini bisa membuat kelinci akan mudah sakit dan mati. Oleh karenanya, jauhkan kandang dari suara-suara yang terlalu keras dan gaduh.

Cara berinteraksi dengan kelinci
Kebanyakan orang yang memelihara kelinci selalu memegang atau bahkan menggendongnya. Cara tersebut sebetulnya justru membuat kelinci menjadi stres. Cara yang benar apabila anda ingin bermain dengan kelinci, anda cukup membelai atau mengusap bulunya saja dengan lembut. Jangan di paksakan membelai atau menyentuh apabila kelinci tidak mau di sentuh dengan cara menghindar. Lebih tepatnya jangan suka mengejar kelinci yang tidak mau kita pegang kecuali dalam keadaan terpaksa misalnya, kelinci mau keluar jauh dari area bermainnya.

Memandikan kelinci
Untuk memandikan kelinci janganlah terlalu sering. Ideal untuk memandikan kelinci cukup 1 kali seminggu atau dalam kondisi bulu kelinci kotor. Gunakan shampo khusus binatang untuk memandikan kelinci. Kemudian siram air dengan perlahan untuk membilas bulu kelinci. Untuk area muka kelinci cukup di lap saja dengan lap, karena apabila diguyur dengan air di khawatirkan akan masuk hidung dan masuk ke paru-paru. Selesai di mandikan, lap dengan kain lembut kering kemudian jemur di bawah sinar matahari. Waktu yang tepat untuk memandikan kelinci adalah di pagi hari sekitar jam 9-10.

Nah itulah tadi cara memelihara dan merawat kelinci kesayangan anda agar selalu sehat sehingga nantinya bisa beranak pinak. Semoga tips tadi bisa membantu anda dalam melihara hewan lucu ini.

0 komentar:

Post a Comment