Cara merawat kucing anggora yang benar

By

Cara merawat kucing anggora yang benar

kucing anggora

Sebagai pemelihara kucing anggora, apakah anda sudah merawat kucing anggora anda dengan benar?. Walaupun penggemar atau pemelihara kucing anggora tergolong banyak, namun terkadang tidak bisa merawat kucing anggoranya dengan baik dan benar sehingga kucing tersebut rentan terkena penyakit, kutu, sampai dengan stres yang mengakibatkan kucing anggora peliharaannya menjadi sakit, tidak lincah, bahkan sampai mati. Pasti anda tidak mau kucing anggora yang anda miliki tidak mengalami kejadian seperti itu bukan?.

Kalau anda belum tahu cara merawat kucing anggora, berikut akan akan saya ulas cara merawat kucing anggora yang benar agar kucing anggora milik anda selalu sehat, lincah, dan tetap menggemaskan sehingga bisa menemani anda setiap saat.

Yang perlu di perhatikan dalam merawat kucing anggora adalah sebagai berikut :

Adaptasi kucing anggora baru
Biasanya kucing anggora yang baru kita beli akan mengalami stres sementara, takut pada manusia, nafsu makanya berkurang, suka berdiam diri, kurang jinak, dan lain-lain. Perilaku kucing anggora yang seperti ini sebenarnya masih bisa di katakan normal, sebab kucing anggora perlu beradaptasi dengan lingkungan dan tempat tinggal yang baru. Yang perlu anda lakukan untuk kucing tersebut adalah dengan menempatkan kucing pada tempat yang nyaman bersama kandangnya tanpa ada suara-suara yang gaduh yang akan menganggunya.
Sering-seringlah berinteraksi dengan kucing anggora baru anda, tanpa harus memegangnya. Untuk interaksi pertama yang bisa anda lakukan bisa dengan mengajak dia ngobrol. Setelah dia sudah tidak asing lagi dengan wajah kita, barulah kita bisa menyentuhnya dengan lembut secara bertahap.
Sediakan makanan dan minuman untuk kucing anggora yang baru secukupnya dalam kandang.
Sediakan juga pasir khusus dalam kandang untuk kotoran kucing.

Menjaga kebersihan dan kenyamanan kandang kucing anggora
Untuk kandang kucing anggora, tidak harus yang mewah dengan harga yang mahal. Yang terpenting adalah, bagaimana agar kucing bisa merasa nyaman khususnya pada waktu dia beristirahat.
Bersihkan kandang kucing setiap hari dari sisa makanan yang tidak habis, dan juga dari kotoran kucing dengan cara mengayaknya. Cuci kandang kucing setiap 1 kali seminggu untuk menghindari kuman-kuman yang bersarang di kandang tersebut.

Makanan dan minuman kucing anggora
Untuk makanan anggora juga perlu di perhatikan. Jangan sembarangan memberikan makanan kepada kucing anggora. Pilihlah makanan kucing yang mengandung nilai gizi dan juga kalori yang cukup. Hindarkan kucing dari makanan yang dimakan manusia apalagi yang mengandung minyak. Untuk minuman, berilah air putih secukupnya dalam kandang. Apabila dalam sehari air tidak habis, maka harus diganti dengan yang baru. Anda juga bisa menambahkan susu khusus kucing 1 kali sehari.

Memandikan kucing anggora
Khusus bagi anda yang jarang membawa kucing anggora ke salon hewan, anda bisa merawat atau memandikan sendiri di rumah. Minimal kucing dimandikan 2 kali dalam seminggu menggunakan shampo khusus. Selain untuk menghindari kuman dan kutu, dengan memandikan kucing anda dengan baik dan benar, maka bulu kucing juga akan terjaga kebersihan dan kelembutannya.
Pemberian obat cacing pada anggora
Agar kucing anggora anda terhindar dari serangan cacing, berilah obat cacing antara 3 - 4 bulan sekali. Akan tetapi apabila kucing lebih sering bermain di luar rumah, paling tidak pemberian obat cacing 2-3 bulan sekali.

Vaksinasi kucing anggora
Setiap 3 bulan sekali, bawalah kucing anggora anda ke dokter hewan untuk di vaksinasi. Hal ini dilakukan agar kucing anggora anda tetap sehat dan lincah. Selain melakukan vaksinasi, anda juga bisa mengecek kesehatan kucing anggora anda.

0 komentar:

Post a Comment