Batu Chrysopal Sukabumi

By

Chrysopal Sukabumi

Setelah sebelumnya mengulas batu Blue Opal Sukabumi, kali ini kita akan mengulas batu akik Chrysopal yang juga berasal dari Sukabumi Jawa Barat. Kalau batu Blue Opal didominasi dengan warna birunya, namun pada Batu Chrysopal Sukabumi warna dominan pada batu ini adalah warna hijau. Sekilas warna pada batu Chrysopal Sukabumi mirip dengan Batu Bacan Doko dan Palamea. Tapi apabila dilihat secara teliti, akan tampak perbedaan yang jelas antara warna pada Batu Chrysopal Sukabumi, Ijo Garut, dan Batu Bacan Doko dan Palamea. Maka tak salah bila orang menyebutnya dengan bacan Sukabumi karena warna yang sangat mirip dengan batu bacan.

Chrysopal Sukabumi

Pada rough Batu Chrysopal Suka bumi mempunyai lapisan kulit luar bercampur kapur dengan warna putih kehijauan dan dengan ketebalan kurang lebih 0,5 mm. Sementara untuk daging berwarna hijau tua segar dengan karakter serat yang padat berwarna hijau tua.
Batu Chrysopal Sukabumi ini mempunyai kekerasan kurang lebih 6-7 pada skala mohs setelah di lakukan pengecekan pada laboratorium geomolog. Sehingga batu ini cukup padat dan tidak mudah retak.

Batu akik Chrysopal banyak ditemukan di daerah Sukabumi, antara lain desa Cipanjur, dan Bojongsari. Menurut para penambang, batu Chrysopal yang baru didapat dari penambangan, langsung direndam dalam sebuah kolam hingga para pengepul maupun pembeli datang membeli batu ini.

Karakter pada batu akik Chrysopal sendiri menurut penambang dan para peneliti, terlihat ada beberapa karakter pada warna batu Chrysopal ini, dari warna hijau tua pekat sampai hijau muda, ada yang sudah tembus cahaya ada juga yang masih badar atau belum tembus cahaya. Batu ini juga bisa bermetamorfosis dari yang belum kristal menjadi kristal atau tembus cahaya. Warna pada batu akan semakin indah apabila batu telah di poles, dan tidak kalah indah dengan batu-batu mulia lainya yang berwarna hijau.

Saat ini batu akik Chrysopal Sukabumi memang sudah diminati oleh para Hunter batu wilayah Sukabumi maupun luar daerah Sukabumi. Hal ini tentunya akan mengangkat batu jenis Chrysopal Sukabumi menjadi salah satu batu yang menjadi trend setter "The Light of Green", berkompetisi dengan batu-batu yang mempunyai warna hijau lainya. Karena sepintas, apabila batu ini sudah di poles, akan tampak seperti batu Ijo Garut dan Batu Bacan Doko dan Palamea.

0 komentar:

Post a Comment