BATU KING TOMATO

By

BATU KING TOMATO

Batu Akik King Tomato didaerah asalnya di Banjarnegara, para pemburu batu ini menyebutnya dengan istilah "Batu Lintang Abang". Sementara yang ditemukan oleh para pemburu batu ada 3 jenis/karakter dalam satu bongkahan utuh, diantaranya : Lintang Abang, Lintang Kuning, dan Lintang Ijo.


Batu Akik King Tomato Lintang Abang
Yaitu batu natural Jasper Chalcedony yang dalam satu bongkahan dominan dengan warna merah.
Batu Akik King Tomato Lintang Kuning
Yaitu batu natural Jasper Chalcedony yang dalam satu bongkahan dominan berwarna kuning.
Batu Akik King Tomato Lintang Ijo
Yaitu batu natural Jasper Chalcedony yang dalam satu bongkahan berwarna hijau segar.

Lintang Abang/Jasper Chalcedony/King Tomato, nama ini kami ambil dari tiga sumber yaitu:
Istilah Lintang Abang diambil dari para pemburu batu/penggali batu didaerah asal batu tersebut.
Jasper Chalcedony, diambil berdasarkan hasil uji identifikasi dari laboratorium geomolog.
King Tomato
Istilah ini diambil dari para gemslover yang menamai batu ini dengam King Tomato, dikarenakan warna batu ini menyerupai warna buah tomat yang matang.

Clarity King Tomato
Transparasi warna/clarity batu King Tomato adalah "Transclucent dan Semi Transclucent" transparasi daya tembus batu tersebut sinarnya mencapai 3-5 cm.

Komposisi warna King Tomato
Dalam satu bongkahan utuh/besar, batu King Tomato mempunyai beberapa warna yang batas warna diantara satu dengan yang lain cukup lembut. Warna-warna pada batu King Tomato dalam bongkahan berukuran besar diantaranya warna orange, kuning, kehijauan dan warna putih. Namun juga ada yang batas warnanya cukup kontras, jadi batas warna pada satu bongkahan tidak selalu lembut. Karakter yang demikian biasanya membentuk garis pada batas warnanya.

Kekerasan Batu Akik King Tomato
Kekerasan batu King Tomato antara 6-7 pada skala mohs. Sehingga batu ini cukup keras, dan bagi para penggosok batu, untuk mengolah batu ini menjadi mata cincin tidak mudah. Kekeroposan batu ini sangat minim dibandingkan dengan jenis Jasper lainya.

Piryte dalam Batu Akik King Tomato
Didalam bongkahan King Tomato juga terdapat serpihan-serpihan atau serbuk Piryte, terutama dibagian kulit batu. Piryte yang ada didalam batu King Tomato menjadi dualisme yang berbeda. Ketika kita menemukan serpihan Piryte pada batu King Tomato, seseorang akan mengartikanya sebagai penyakit batu. Namun dilain pihak, bisa dinilai sebagai penghias atau nilai plus pada batu tersebut, karena pada dasarnya batu Piryte adalah batu yang mempunyai nilai jual tinggi. Piryte yang terdapat pada King Tomato juga ada yang berbentuk serbuk halus. Apabila kita menemukan batu King Tomato yang mengandung Piryte yang berbentuk serbuk, tentu ini menjadi nilai plus-plus batu tersebut karena permukaan batu tersebut akan terlihat lebih indah seperti cat metalik pada mobil. Akan tetapi batu yang seperti ini sangat jarang ditemukan. Kalaupun ada, komposisinya tidak merata atau bergerombol.

Untuk mendapatkan si cantik Batu Akik King Tomato di daerah Jadebotabek tidaklah sulit. Batu King Tomato bisa didapatkan di lapak-lapak dari pedagang di seputaran pasar batu terbesar se-Asia yaitu JGC Jatinegara.

0 komentar:

Post a Comment