FENOMENA BATU BERJAD API

By

FENOMENA BATU BERJAD API

Fenomenal batu akik Berjad Api yang warnanya identik dengan nyala api ini menjadikan pemakainya semakin gahar. Zaman dahulu suku Maya dan Aztec mengenalnya sebagai Batu Burung Surga atau Quetzalitzlioyollitli, yang sering digunakan dalam sebuah ritual. Dikagumi di belahan dunia sebagai simbol cinta yang paling kuat di zaman kuno khususnya di India dan kerajaan Persia kuno sampai dengan Amerika Tengah, dan suku Indian Amerika. Namun lama kelamaan batu akik Berjad Api menghilang karena kurangnya pengetahuan dan sejarah yang diwariskan secara turun temurun.

FENOMENA BATU BERJAD API

Sampai sekitar tahun 1835, di dataran tinggi Meksiko, batu Fire Opal atau Berjad Api mulai banyak ditemukan dan secara bertahap mulailah pertambangan secara sistematis dari tempat dimana jenis batuan tersebut ditemukan. Saat ini batu Fire Opal atau Berjad Api dianggap sebagai salah satu bagian batu permata Nasional kita. Selain ditemukan di Indonesia khususnya daerah Wonogiri, batu Fire Opal atau Berjad api juga ditemukan di negara lain seperti, Honduras atau Guatemala, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Ethiopia, dan Turki, tapi depositnya tidak terlalu besar  atau bahkan sangat sedikit sekali didaerah pertambangan.

Warna-warni batu Fire Opal atau Berjad Api ini sangat bervariatif dan indah dengan kilaunya yang menari-nari dalam batuan bila batu ini terkena cahaya. Sering juga ditemuka n berkabut tanpa permainan warna pada batu ini. Dengab pancaran warna kehangatan, oranye yang ekspresif, Berjad Api muncul dengan semua variasi warna dari kuning ke merah terang, terkadang dengan nada kecoklatan. Sampau hari ini Berjad Api masih menjadi salah satu trend dalam dunia menarik batu permata.

Berjad Api dipercaya oleh sebagian besar pemakainya sebagai batuan kristal yang sangat baik untuk bisnis. Dikatakan untuk menarik uang, memuluskan jalan perubahan, dan mendorong kemajuan. Batu ini juga dipercaya untuk meningkatkan kekuatan pribadi, membangkitkan api batin anda dan merevitalisasi dan re energize pikiran dan tubuh pemakainya.Hal ini diyakini untuk melindungi diri dari bahaya dan menjadi penguat energi. Berjad Api bisa menjadi batu yang baik untuk membantu anda melepaskan masa lalu, tapi juga harus berhati-hati karena bisa juga melepaskan emosi secara tiba-tiba. Dalam dunia kesehatan, Berjad Api atau Fire Opal ini diperkirakan bisa untuk menyeimbangkan kelenjar adrenalin dan bermanfaat bagi hormon wanita "pms" dan menopouse. Hal ini juga diyakini untuk membantu penyembuhan usus dan ginjal.

Untuk mendapatkan batu ini dudaerah gunung Muser diperlukan tenaga ekstra, karena lokasinya yang ada di disebuah gunung yang mempunyai struktur tanah yang mudah longsor dan berkerikil. Lokasi yang dipenuhi pohon jati ini merupakan area PT. Perhutani Nusantara. Jadi secara legalitas wilayah ini berada di area hutan lindung. Untuk bisa mencapai lokasi pencarian batu, hanya bisa dilakukan dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor yang sudah didesain untuk trek berat menanjaj dan menurun terjal. 

Dalam prakteknya, pencarian atau penambangan batu akik Berjad Api ini ada yang digali seperti membuat kolam, ada juga yang menyusuri aliran air sungai, dan ada juga yang mengikuti jejak aliran air dari atas gunung. Rough Berjad api juga bisa ditemukan diatas permukaan tanah yang terlihat bercahaya diantara batuan kecil lainya. Jadi secara logika bisa ditemukan banyak rough di daerah perbukitan di kaki gunung Muser ini.

Karena potensi yang luar biasa diatas varian jenis batu mulia asli Indonesia, batu Berjad Api atau yang punya julukan "Segoro Geni di Tanah Wonogiri" ini menjadi bukti bahwa kekayaan alam Nusantara sangatlah besar. Hal ini bisa menjadi pelengkap  dan penyempurna khasanah kekayaan batu mulia Indonesia demi kemajuan serta kemakmuran para pelaku seni dan masyarakat, khususnya seni perbatuan.

Keindahan warnanya menjadi salah satu fenomena batu Fire Opal atau Berjad Api, khususnya dikalangan pelaku seni batu dan menjadi bukti pada dunia bahwa Indonesia mempunyai sesuatu yang berbeda yang tidak kalah pamor dengan batuan yang lebih dulu dikenal oleh para pecinta batu di Indonesia. Batu yang dulu dianggap kurang bernilai, karena pengerjaanya yang cukup sulit, membuat para petani batu tidak terlalu berminat terhadap batu ini. Namun kenyataan, kini batu Berjad Api menjadi sesuatu yang sangat berarti, dilihat dari sejarah dan juga keindahanya yang menawan.

0 komentar:

Post a Comment