VARIAN BIRU LANGIT BATURAJA

By

VARIAN BIRU LANGIT BATURAJA

Setelah kemarin membahas tips memilih Biru Langit Baturaja, dan Varian batu dari Baturaja, kini kita bahas macam-macam varian batu akik biru langit. Popularita batu akik Biru Langit saat ini mempunyai tingkat yang sangat bagus dihati para pecinta batuan lokal di tanah air. Ada maghnet yang luar biasa bagi setiap mata yang memandang kilau serta warna birunya.

VARIAN BIRU LANGIT BATURAJA

Varian batu akik "Blue Chalcedony" dari desa Simpang Empat, Talang Ogan ini secara geomologi mempunyai spesifikasi, dimana komposisi (SiO) Silicon Dioxide menjadi kandungan dasar didalam batu akik yang satu ini. Dengan tingkat kekerasan antara 6.5-7 skala mohs, dan secara spesifik grafitinya 2.50-2.64. Refracitiv index (RI) yang dimiliki 1.530-1.540 dengan Bi-nefringecenya diatas 0.004. Maka tidak mengherankan jika batu akik  "Biru Langit" Baturaja ini salah satu batu mulia asal negeri ini yang memiliki warna biru yang bervariasi. Tinggal bagaimana para pelaku seni batu lebih mempunyai kemampuan kreatifitas, agar batu akik asal kabupaten Ogan Komering Ulu ini senantiasa diminati oleh pecinta batu.

Jenis bahan-bahan batu akik "Biru Langit" ini cukup bervariasi, ada bongkahan yang berukuran 30 gram atau sebesar jari kelingking hingga ukuran yang besar dengan beratnya sampai 1,5 kg. Namun untuk bahan dengan kualitas bagus adalah bahan yang didapat tunggal dan berduri, dengan ukuran sebesar jempol orang dewasa, sampai sebesar lengan anak kecil. Tetapi untuk bisa mendapatkan bahan seperti itu tidaklah mudah dan cenderung jarang.

Dalam membedakan mengenai penamaan Batu akik "Biru Langit" ini bisa dibedakan dalam beberapa keterangan dibawah ini yang secara warna hampir mendekati kesamaan batu akik "Biru Langit" dibedakan menjadi lima macam. Dari kelima perbedaan warna ini semua masih varian batu Blue Chalcedony. Kelima jenis penamaan pada batu akik " Biru Langit" adalah:
  1. Biru Spirtus, dimana warna tampilan batu ini menyerupai warna spirtus, dan jenis ini menjadi warna favorit bagi para pecinta seni batu di Baturaja.
  2. Warna Blau, dimana warna pada batu ini akan tampak lebih muda warna birunya, dengan warna bias agak putih. Jenis ini biasanya mempunyai luster atau klep airnya main.
  3. Warna Biru Langit, jenis ini menyerupai warna biru seperti warna birunya laut yang cerah dan sedikit mempunyai luster atau klep air.
  4. Warna Biru Tinta, dimana tampilan pada batu ini menyerupai biru tinta, tampilanya agak gelap pada warna biru, dan ada warna kemerahan yang membias apabila dilihat dari bawah.
  5. Lavender, jenis yang satu ini lebih mempunyai karakteristik warna ungu dan cenderung agak ngedof secara visual. Untuk batu jenis ini yang bagusnya yaitu batu yang mempunyai luster atau klep air.

0 komentar:

Post a Comment